Jakarta (ANTARA News) - Yayasan Alumni Peduli IPB (YAPI) akan menggelar malam penggalangan dana beasiswa untuk para mahasiswa IPB yang termasuk dalam kategori tidak mampu yang akan dikemas dalam pergelaran Charity Choir Concert.

Pergelaran Voices That Care di auditorium Telkom Landmark Tower, Jakarta, Sabtu malam bakal menampilkan aksi musikal dari paduan suara mahasiswa IPB Agria Swara yang membawakan lebih dari 20 lagu, kata Ketua Penyelenggara Charity Choir Concert Voices That Care, Tjandra Wibowo dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Sabtu.

Kelompok paduan suara mahasiswa IPB Agria Swara telah menorehkan berbagai prestasi juara, bukan hanya level dalam negeri, namun juga kompetisi tingkat internasional seperti di Jerman serta Irlandia.

Tjandra menyebutkan, malam penggalangan dana beasiswa mahasiswa IPB Charity Choir Concert Voices That Care, ditargetkan mampu meraup hasil hingga Rp1,5 miliar. "YAPI juga menyasar sebanyak 750 pengunjung agar dapat menghadiri ajang ini," katanya.

Selain menampilkan kreativitas musikal dari paduan suara mahasiwa IPB Agria Swara di bawah pimpinan Arvin Zeinullah, Tjandra mengatakan, penyelenggaraan Charity Choir Concert Voices That Care dimeriahkan oleh aktris Prisia Nasution yang akan membacakan puisi. Sementara busana anggota paduan suara dirancang oleh desainer Raden Sirait, lulusan Sosial Ekonomi Pertanian IPB. 

“Kampus IPB yang sering disebut sebagai kampus rakyat, setiap tahunnya kurang lebih menerima sebanyak 4.000 mahasiswa. Sekitar 53 persen berasal dari keluarga yang tidak mampu," kata Heri.

Beasiswa Bidik Misi dapat membiayai lebih kurang 20 persen mahasiswa yang masuk kategori tidak mampu, sisanya dibantu oleh berbagai pihak yang sangat peduli dalam bidang pendidikan. "YAPI ingin membantu mahasiswa yang tidak mampu agar terus bisa melanjutkan pendidikan guna mewujudkan cita-cita dan mimpi kehidupan mereka," ujarnnya.

Heri mengatakan, ajang Charity Choir Concert Voices That Care menjadi bentuk kepedulian alumni IPB untuk masa depan pendidikan mahasiswa yang dikategorikan tidak mampu. "YAPI yakin semua mahasiswa yang diterima di IPB merupakan yang terpilih dan harus dibantu agar fokus saat studi tanpa perlu memikirkan kebutuhan kuliah dan hidupnya. Setelah itu kami mendorong agar prestasinya terus meningkat," tambahnya.

Heri berharap, YAPI dapat berkelanjutan menyalurkan beasiswa kepada 1.000 mahasiswa setiap tahunnya. Oleh sebab itu YAPI sangat memerlukan bantuan dan kerja sama para donatur dan alumni IPB untuk mewujudkannya.

Panitia membandrol harga tiket Charity Choir Concert Voices That Care masing-masing berdasarkan golongannya. Untuk tiket kelas platinum dijual seharga Rp1,5 juta, kelas gold Rp1 juta, kelas silver Rp750 ribu, dan kelas bronze senilai Rp500 ribu.

Baca juga: Paduan suara IPB dan Unpad gelar konser kolaboratif

Pewarta: Zita Meirina
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2018