Jakarta (ANTARA News) - Manchester City berhasil membekap Everton dengan skor 3-1 dalam laga pekan ke-17 Liga Inggris di Stadion Etihad, Manchester, Inggris, Sabtu.

Gabriel Jesus mencetak dua gol dalam kemenangan City yang dilengkapi oleh gol Raheem Sterling tersebut, sedangkan tim tamu hanya bisa membalas lewat Dominic Calvert-Lewin, catatan pertandingan laman resmi Liga Inggris.

Kemenangan itu untuk sementara membawa tim besutan Pep Guardiola tersebut kembali ke puncak klasemen dengan raihan 44 poin, sedangkan Everton (24) tertahan di urutan ketujuh.

Kendati demikian, posisi City dan Everton belum sepenuhnya terpatri karena para pesaingnya masih belum melakoni laga pekan ke-17.

City bisa saja kembali tergusur ke urutan kedua, jika Liverpool (41) berhasil menang atas Manchester United (26) pada Minggu (16/12).

Sedangkan Everton, bisa tergelincir beberapa strip jika Bournemouth (23), Leicester City (22) maupun Wolverhampton (22) meraih poin penuh di pertandingan masing-masing.

Bahkan, West Ham United (21), Watford (21) dan Brighton & Hove Albion (21) juga berpeluang menyalip Everton meski agak kecil potensinya.

Di tengah cedera yang mendera Sergio Aguero, Jesus tampil memanfaatkan situasi itu untuk mendapatkan lebih banyak kepercayaan dari Guardiola.

Ia membuka keunggulan tuan rumah pada menit ke-22 saat barisan tengah City berhasil merebut penguasaan bola Everton dan Ilkay Guendogan mengirimkan umpan kepada Leroy Sane yang segera meneruskan kepada Jesus, yang memanfaatkannya dengan menggulirkan bola mengecoh kiper Jordan Pickford yang meninggalkan sarangnya.

Pickford lantas berperan besar menghalau percobaan tembakan Riyad Mahrez pada menit ke-40 demi mencegah gawangnya kemasukan gol lagi.

Dua menit kemudian, Jesus kembali menyarangkan bola ke gawang Pickford namun ia terlanjut dalam posisi offside ketika Mahrez melepaskan umpan tarik.

Lima menit memasuki babak kedua, Jesus akhirnya betul-betul menggandakan keunggulan City dengan tandukan kerah terarah menyambut umpan silang dari Sane.

Everton seolah memperoleh momentum kebangkitan ketika Calvert-Lewin mencetak gol balasan pada menit ke-65 saat ia mengalahkan Fabian Delph dalam duel udara menyambut umpan silang Lucas Digne, demi mengubah skor menjadi 1-2.

Akan tetapi City dengan sigap mematikan api kebangkitan Everton empat menit kemudian, ketika Sterling yang kalah postur tinggi badan dibandingkan Michael Keane dan Yerry Mina namun bisa menyambut umpan silang Bernardo Silva demi menyundul bola serta menaklukkan Pickford. City tiga, Everton satu.

Richarlison, pemain yang kerap disebut-sebut para penggemar Everton sebagai bintang masa depan Brazil, gagal memanfaatkan peluang yang diperolehnya pada menit ke-71 saaat menerima bola sodoran Ademola Lookman.

Sedangkan peluang berbahaya yang dimiliki Calvert-Lewin pada menit ke-83 saat menerima umpan dari Theo Walcott, namun sontekan tumitnya masih terlalu mudah untuk dijinakkan kiper Ederson.

Baca juga: Sarri kutuk aksi rasisme terhadap Sterling

Baca juga: Silva berharap Richarlison lebih produktif untuk Everton


Susunan pemain seturut laman resmi Liga Inggris:

Manchester City (4-3-3): Ederson Moraes; Kyle Walker, Nicolas Otamendi, Aymeric Laporte, Fabian Delph; Bernardo Silva, Fernandinho, Ilkay Guendogan; Riyad Mahrez (Kevin De Bruyne), Gabriel Jesus, Leroy Sane
Pelatih: Pep Guardiola

Everton (5-4-1): Jordan Pickford; Seamus Coleman (Theo Walcott), Kurt Zouma, Michael Keane, Yerry Mina, Lucas Digne; Richarlison, Andre Gomes, Gylfi Sigurdsson (Tom Davies), Bernard (Ademola Lookman); Dominic Calvert-Lewin
Pelatih: Marco Silva

Baca juga: Hasil dan klasemen Liga Inggris, City alami kekalahan perdana kini Liverpool di puncak

Pewarta: ANTARA
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2018