counter

Siklon Kenanga berpotensi bawa gelombang tinggi ke sekitar Bengkulu

Siklon Kenanga berpotensi bawa gelombang tinggi ke sekitar Bengkulu

Pantauan pergerakan siklon tropis Kenanga (BMKG)

Jakarta (ANTARA News) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau warga mewaspadai potensi munculnya gelombang tinggi akibat siklon tropis Kenanga di wilayah Hindia barat daya Bengkulu.

Keterangan tertulis dari Humas BMKG, Minggu, menyebutkan siklon tropis Kenanga yang terpantau tumbuh pada Sabtu (15/12) bergerak menjauhi wilayah Indonesia dengan kecepatan 7 knots (13 km/jam) dengan tekanan terendah 990 mb dan kekuatan  50 knots (95 km/jam).

Siklon itu berpeluang menghadirkan gelombang laut dengan tinggi 2,5 meter hingga empat meter di beberapa wilayah termasuk perairan barat Kepulauan Mentawai, Perairan Enggano, Samudra Hindia barat Mentawai hingga selatan Banten, dan Laut Natuna Utara.

Sementara gelombang laut dengan ketinggian empat sampai enam meter menurut perkiraan BMKG bisa muncul di Perairan barat Kepulauan Mentawai, Perairan Enggano, Samudra Hindia barat Mentawai hingga selatan Banten, dan Laut Natuna Utara.

BMKG memantau pertumbuhan siklon tropis Kenanga pada Sabtu (15/12) pukul 19.00 WIB di wilayah Hindia barat daya Bengkulu, sekitar 1.240 kilometer sebelah barat daya Kerinci. Siklon bergerak ke timur tenggara dan kecepatan 6 knots (11 km/jam) dan kekuatannya 35 knots (65 km/jam).

Baca juga: Badai kong-rey terpantau di sebelah utara Papua
Baca juga: Siklon tropis flamboyan timbulkan gelombang laut empat meter

 

Pewarta: Desi Purnamawati
Editor: Maryati
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar