Jakarta (ANTARA News) - Feyenoord menelan kekalahan dalam laga pekan ke-16 Liga Belanda dan dipecundangi oleh tim promosi Fortuna Sittard dengan skor 0-2 di hadapan publiknya sendiri di Stadion De Kuip, Rotterdam, Belanda, Senin dini hari WIB.

Tak hanya menelan kekalahan, Feyenoord juga kehilangan gelandangnya Jordy Clasie yang hanya main satu babak setelah menderita cedera, demikian catatan pertandingan laman resmi Liga Belanda.

Kendati demikian, hasil itu tak mempengaruhi posisi kedua tim di klasemen sementara. Feyenoord masih berada di urutan ketiga dengan koleksi 35 poin, sedangkan Fortuna (19) di peringkat ke-10.

Dominasi 65 persen penguasaan bola yang dimiliki Feyenoord seolah menjadi sia-sia lantaran dari 26 kali percobaan tembakan yang mereka lepaskan tak satupun menjadi gol.

Tim tamu menang berkat dua gol-gol Lars Hutten dan pemain pengganti Ahmed El Messaoudi pada babak kedua.

Sorotan utama babak pertama, selain peluang-peluang yang terbuang percuma, adalah insiden mengerangnya Clasie di tengah lapangan pada menit ke-39 yang sempat membuat pertandingan terhenti selama hampir dua menit lamanya.

Clasie digantikan oleh Renato Tapia saat babak kedua dimulai, namun lima menit kemudian tim tamu justru mencuri keunggulan ketika serangan cepat mereka diakhiri umpan Andrija Novakovics yang disambut dengan sepakan keras Hutten di muka gawang.

Berbagai upaya dilakukan oleh Feyenoord untuk mencetak gol penyama kedudukan, namun banyak peluang terbuang dan ketika bola mengarah ke gawang kiper Alexei Koselev tampil cukup prima untuk mengamankan bola.

Di tengah kerja keras Feyenoord, Fortuna malah membunuh pertandingan lewat gol El Messaoudi pada masa injury time.

Pemain pengganti yang masuk sejak menit ke-68 menggantikan Jorrit Smeets itu berhasil melepaskan tembakan kaki kanan dari luar kotak penalti untuk memaksa kiper Justin Bijlow memungut bola dari dalam gawangnya lagi.

Baca juga: Ziyech dan Blind trigol, Ajax pesta delapan gol ke gawang De Graafschap

Susunan pemain seturut laman resmi Liga Belanda:

Feyenoord (4-3-3): Justin Bijlow; Bart Nieuwkoop, Sven van Beek, Jan-Arie van der Heijden (Robin van Persie), Tyrell Malacia; Jordy Clasie (Renato Tapia), Orkun Kokcu, Tonny Vilhena; Steven Berghuis, Dylan Vente, Sam Larsson
Pelatih: Giovanni van Bronckhorst

Fortuna Sittard (4-1-2-1-2): Alexei Koselev; Branislav Ninaj (Alessandro Ciranni), Wessel Dammers, Kai Heerings, Mica Pinto; Jose Rodriguez; Lars Hutten, Jorrit Smeets (Ahmed El Massaoudi); Mark Diemers (Clint Essers); Finn Stokkers, Andrija Novakovich
Pelatih: Rene Eijer

Baca juga: PSV libas sembilan pemain Heracles 4-0

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2018