Jakarta (ANTARA News) - Napoli membawa pulang tiga poin dari markas Cagliari dalam pertandingan lanjutan Liga Italia yang dimainkan di Sardegna Arena, Cagliari, Italia pada Senin dini hari WIB.

Hasil ini mengokohkan posisi Partenopei di peringkat kedua dengan 38 poin, tertinggal delapan poin dari Juventus, demikian catatan pertandingan laman resmi Liga Italia. Sementara itu bagi Cagliari hasil tersebut membuat mereka tetap berada di peringkat ke-13 dengan 17 poin.

Napoli memerlukan kemenangan untuk memelihara jarak delapan poin dengan sang pemuncak klasemen, sekaligus mencegah Inter Milan semakin mendekat, setelah kedua klub itu mendulang kemenangan pada Sabtu.

Dengan kelelahan dari kekalahan di Liverpool yang membuat mereka tersingkir dari Liga Champions pada tengah pekan, pelatih Carlo Ancelotti mengistirahatkan sejumlah pemain inti yakni Lorenzo Insigne, Dries Mertens, Marek Hamsik, dan Jose Callejon, sedangkan Faouzi Ghoulam menggantikan Mario Rui yang cedera.

Klub Sardinia, Cagliari, tidak terkalahkan di kandang pada musim ini, namun sekarang mereka telah empat kali kalah dari Napoli pada ajang Liga Italia di stadion tersebut.

Cagliari memiliki peluang pertama, ketika Adam Ounas kehilangan bola, sehingga Nikola Maksimovic melemparkan diri untuk menghalangi tembakan Diego Farias, yang menjadi assist bagi Paolo Farago untuk melepaskan sepakan yang dapat ditahan David Ospina.

Serangan Napoli tidak bergigi, di mana satu peluang diciptakan Ounas melalui lajunya dari lini belakang, di mana Cagliari kerap mengintersep. Pada satu gerakan, Ghoulam berusaha untuk melepaskan sepakan melengkung dari tendangan bebas, namun hanya mengenai bagian atas gawang.

Permainan mulai membaik pada babak kedua. Fabian Ruiz bekerja sama dengan Milik, kemudian mengirimkan umpan tarik bagi Filipo Romagna. Beberapa saat kemudian, Malcuit bergerak di sisi kanan dan menggulirkan bola yang disambut tendangan melebas Fabian.

Pada menit ke-68, tandukan Milik dari umpan silang Dries Mertens menghantam bagian bawah mistar gawang, memantul ke tanah dan keluar lagi. Kiper Cragno mampu menahan upaya rebound Kalidou Koulibaly.

Fase akhir laga berlangsung sengit, ketika Napoli menggebrak dan beberapa pemain Cagliari jatuh karena kram, membuat masa tambahan waktu harus berlangsung selama tujuh menit.

Sekali lagi Arkadiusz Milik menjadi penentu pada menit ke-91 dengan tendangan bebas melengkung melewati dinding pemain dan mengarah ke sudut atas gawang, untuk mengamankan kemenangan tipis Napoli.

Pada pertandingan lain, Roma yang sempat tertinggal dua kali dari tamunya Genoa akhirnya mampu meraih kemenangan 3-2. Genoa unggul terlebih dahulu pada menit ke-17 Krzysztof Piatek. Gol ini diawali kegagalan kiper Robin Olsen menangkap sepakan Oscar Hiljemark, ia berbalik dan menyaksikan bola mengarah ke gawang yang kosong, namun ketika ia bereaksi, Piatek telah menyambar bola.

Roma mampu menyamakan kedudukan pada menit ke-31 melalui tendangan bebas Federico Fazio. Tetapi skor imbang hanya bertahan selama dua menit, sebelum Roma kembali kemasukan. Hiljemark tidak terkawal untuk memasukkan bola setelah Sandro meneruskan bola tendangan sudut.

Giallorossi kembali menyamakan kedudukan, ketika Justin Kluivrt berlari dari area pertahanannya sendiri, bekerja sama dengan Cengiz Under, dan mengarahkan bola akurat ke sudut bawah gawang.

Pada menit ke-59, Bryan Cristante mengemas gol penentu kemenangan Roma, saat ia bekerja sama dengan Kluivert di tepi kotak penalti dan mantan pemain Atalanta itu melesakkan sepakan keras mendatar untuk mengubah skor menjadi 3-2.

Susunan pemain seturut laman resmi Liga Italia:

Cagliari: Cragno, Pisacane (Cigarini 86'), Romagna (Andreolli 79'), Klavan, Padoin, Faragò, Bradaric, Ionita, Barella, Joao Pedro, Farias (Sau 69')

Napoli: Ospina, Malcuit (Callejon 81'), Maksimovic, Koulibaly, Ghoulam, Ounas (Insigne 72'), Allan, Diawara (Mertens 6'2), Zielinski, Fabian Ruiz, Milik
 

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2018