Jakarta (ANTARA News) - Badan sepak bola Eropa, UEFA, bakal menggelar pengundian pertandingan babak 16 besar Liga Champions di Nyon, Swiss, pada Senin petang WIB.

Regulasi UEFA menegaskan bahwa masing-masing tim tidak akan bertemu dengan lawannya di babak penyisihan grup maupun rekan senegaranya.

Delapan tim yang lolos sebagai juara grup akan melakoni laga tandang lebih dulu di pertemuan pertama pada 12, 13, 19 atau 20 Februari nanti, sebelum menjadi tuan rumah di laga kedua pada 5, 6, 12 atau 13 Maret.

Pengundian dilakukan melalui dua bejana. Bejana pertama berisi tim-tim juara grup, dan lainnya merupakan tim-tim peringkat kedua masing-masing grup.

Baca juga: Profil singkat tim-tim 16 besar Liga Champions

Berikut adalah calon lawan tiap-tiap tim yang lolos ke babak 16 besar seturut laman resmi UEFA (penyebutan berdasarkan grup masing-masing sebelumnya):

Borussia Dortmund (juara Grup A)

Dortmund bisa bertemu enam tim dari bejana kedua, setelah mengabaikan Atletico Madrid (sesama Grup A) dan Schalke 04 (sesama wakil Jerman).

Calon lawan Dortmund adalah Ajax, Liverpool, Olympique Lyon, Manchester United, AS Roma dan Tottenham Hotspur.


Atletico Madrid (peringkat kedua Grup A)

Tiga tim dipastikan tidak akan menjadi lawan Atletico di babak 16 besar yakni Dortmund (sesama Grup A) serta dua wakil Spanyol, Barcelona dan Real Madrid.

Calon lawan Atletico adalah Muenchen, Juventus, Manchester City, Paris Saint-Germain dan Porto.

Baca juga: Hasil dan klasemen Grup A, Dortmund dan Atletico bertukar posisi, Brugge ke Liga Europa

Barcelona (juara Grup B)

Setelah mengabaikan tim sesama Grup B, Tottenham Hotspur, dan komprador senegara Atletico Madrid, maka terdapat enam tim yang bisa menjadi lawan Barcelona di babak 16 besar yakni Ajax, Liverpool, Lyon, United, Roma dan Schalke.


Tottenham Hotspur (peringkat kedua grup B)

Enam tim bisa menjadi lawan Tottenham yakni Muenchen, Dortmund, Juventus, PSG, Porto dan Madrid, setelah dua tim dari bejana pertama disingkirkan yakni Barcelona (sesama Grup B) dan City (sesama wakil Inggris).

Baca juga: Hasil dan klasemen Grup B, Tottenham temani Barca ke fase gugur, Inter terlempar ke strata kedua

Paris Saint-Germain (juara Grup C)

Dari bejana dua sudah ada dua tim yang dianulir sebagai calon lawan PSG, yakni Liverpool (sesama Grup C) dan Lyon (sesama wakil Prancis), menyisakan enam tim yakni Ajax, Atletico, United, Roma, Schalke dan Tottenham


Liverpool (peringkat kedua Grup C)

Finalis musim lalu itu kini dihadapkan pada enam kemungkinan lawan dari bejana pertama, yakni Barcelona, Muenchen, Dortmund, Juventus, Porto dan Madrid, setelah PSG (sesama Grup C) dan City (sesama wakil Inggris) diabaikan.

Baca juga: Hasil dan klasemen akhir Grup C, PSG-Liverpool lolos buat Napoli tersingkir

Porto (juara Grup D)

Sebagai satu-satunya tim Portugal yang lolos, maka hanya wakil Grup D lainnya, Schalke, yang ditutup kemungkinan sebagai calon lawan, menyisakan Ajax, Atletico, Liverpool, Lyon, United, Roma dan Tottenham.


Schalke 04 (peringkat kedua Grup D)

Hanya lima tim yang bisa jadi calon lawan Schalke yakni Barcelona, Juventus, City, PSG dan Madrid, lantaran Porto dicoret sebagai sesama Grup D diikuti dua klub Jerman, Dortmund serta Muenchen.

Baca juga: Hasil dan klasemen akhir Grup D, Porto-Schalke melaju sementara Galatasaray ke Liga Europa

Bayern Muenchen (juara Grup E)

Enam tim bakal jadi calon lawan Muenchen, yakni Atletico, Liverpool, Lyon, United, Roma dan Tottenham, menyusul diabaikannya Ajax (sesama Grup E) dan Schalke (sesama wakil Jerman).


Ajax (peringkat kedua Grup E)

Kecuali Muenchen yang sama-sama melewati penyisihan Grup E, Ajax berpeluang menghadapi tujuh tim penghuni bejana pertama, yakni Barcelona, Dortmund, Juventus, City, PSG, Porto dan Madrid.

Baca juga: Hasil dan klasemen Grup E, Muenchen ungguli Ajax untuk menjadi juara grup

Manchester City (juara Grup F)

Tiga wakil Inggris, Liverpool, United dan Tottenham, berada di bejana kedua ditambah Lyon pesaing mereka di Grup F, sehingga calon lawan City tersisa Ajax, Atletico, Roma dan Schalke.


Olympique Lyon (peringkat kedua Grup F)

Setelah mencoret PSG (sesama wakil Prancis) dan City (sesama Grup F), calon lawan Lyon dari bejana pertama adalah Barcelona, Muenchen, Dortmund, Juventus, Porto dan Madrid.

Baca juga: Hasil dan klasemen akhir Grup F, Lyon dampingi City ke 16 besar

Real Madrid (juara Grup G)

Sang juara bertahan berpeluang melakoni laga ulangan final musim lalu menghadapi Liverpool di babak 16 besar.

Selain itu lima tim lain juga bisa menjadi lawan Madrid yakni Ajax, Lyon, United, Schalke dan Tottenham.


AS Roma (peringkat kedua Grup G)

Enam tim menjadi bakal lawan Roma di babak 16 besar yakni Barcelona, Muenchen, Dortmund, City, PSG dan Porto, setelah bejana pertama dibersihkan dari Madrid (sesama Grup G) dan Juventus (sesama wakil Italia).

Baca juga: Hasil dan klasemen Grup G, dua tim teratas ditundukkan lawan-lawannya

Juventus (juara Grup H)

Dua tim disingkirkan dari bejana pertama sebagai calon lawan Juventus, yakni United (sesama Grup H) dan Roma (sesama wakil Italia, menyisakan Ajax, Atletico, Liverpool, Lyon, Schalke dan Tottenham.


Manchester United (peringkat kedua Grup H)

United berpeluang menghadapi enam tim di babak 16 besar yakni Barcelona, Muenchen, Dortmund, PSG, Porto dan Madrid, setelah Juventus (sesama Grup H) dan City (sesama wakil Inggris) dibersihkan dari bejana pertama.

Baca juga: Hasil dan klasemen akhir Grup H, Juventus jawara Manchester United kedua meski sama-sama kalah

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2018