Brasilia (ANTARA News) - Dukun kepercayaan Brazil, yang dituduh melakukan pelecehan seksual terhadap lebih dari 300 wanita, menyerahkan diri sehari sesudah secara resmi dinyatakan buron, kata media berita setempat pada Minggu (16/12).

Joao Teixeira de Faria, yang dikenal sebagai "Johanes Tuhan" dan menjadi pesohor ketika Oprah Winfrey menyiarkan laporan tentang caranya mengobati orang pada 2013, menyerah kepada pihak berwenang di jalan di Abadiania, kata beberapa gerai berita.

Sejak 1976, ia memimpin pusat kepercayaan di Abadiania, kota kecil di negara bagian Goias di Brazil tengah.

Perwakilan Faria dan kepolisian tidak dapat dihubungi untuk dimintai tanggapan.

Hakim pada Jumat (14/12) mengeluarkan perintah penangkapan Faria dengan memberikannya waktu hingga pukul 14.00 (23.00 WIB) pada Sabtu (15/12) untuk menyerah. Karena tidak melapor ke pihak berwenang, Faria secara resmi dinyatakan buron.

Faria menarik ribuan warga Brazil dan orang asing ke pusat kepercayaannya di Abadiania.

Faria membantah tuduhan itu pada Kamis ketika mengunjungi markasnya dan berbicara kepada kerumunan pengikutnya. Pengacaranya pada Sabtu menyatakan Faria akan menyerahkan diri dan mengajukan banding pada Senin.

Faria, 76, dapat menghadapi tuduhan pemerkosaan, dengan hukuman penjara 10 tahun jika terbukti, dan pemerkosaan orang rentan, yang mengancam hukuman penjara hingga 15 tahun.

 
Sumber: Reuters
Editor: Boyke Soekapdjo/Chaidar Abdullah

Pewarta: Antara
Editor: Tia Mutiasari
Copyright © ANTARA 2018