Dukung pertumbuhan industri di Greater Bay Area, FOF industrial senilai 1,5 miliar yuan diresmikan di Dongguan

AsiaNet 76799

DONGGUAN, Tiongkok, 17 Desember 2018 (Antara/Xinhua-AsiaNet) --

Diselenggarakan secara bersamaan dengan perhelatan World Dongguan Entrepreneurs Convention 2018, event World Dongguan Entrepreneurs Capital Summit yang digelar pada tanggal 14 Desember, berhasil mencuri perhatian banyak pakar, akademisi, investor, dan pengusaha dari berbagai pelosok dunia. Di ajang ini, dibahas berbagai peluang investasi dan pendanaan serta peluang koopetisi di Guangdong-Hong Kong-Macao Greater Bay Area. Di acara ini juga berlangsung peluncuran kesepakatan FOF (fund of funds) untuk merger dan akuisisi industri senilai 1,5 miliar yuan, dimana sektor swasta Dongguan memiliki porsi terbesar. Investasi ini akan dialokasikan pada sejumlah sektor seperti konsumsi, fintech, dan manfaktur pintar.

Pengembangan kawasan Greater Bay Area kian pesat, begitupun progres pengembangan Guangzhou-Shenzhen Science and Technology Innovation Corridor. Untuk itu, kota ini dengan cepat berkembang menjadi pusat dari lingkaran perekonomian yang mengitari sisi timur dan barat Pearl River. Para investor global pun optimistis terhadap potensi pertumbuhan kota ini, khususnya terhadap keunggulannya dalam hal lokasi yang sangat strategis dan basis industri yang komprehensif.

Dahulu, Dongguan mengambil jalur pembangunan yang berorientasi kuantitas, yang mencakup lahan yang sangat luas dan mempekerjakan tenaga kerja dengan upah murah, ujar presiden Dongguan Investment Group Co., Ltd. Yin Hongwei. Kini, kota ini telah menjelma menjadi kota dengan pembangunan yang berorientasi pada kualitas melalui inovasi dan teknologi yang mutakhir.

Para pakar sadar apabila sektor swasta ingin meng-upgrade diri mereka, hal-hal seperti iklim finansial yang fleksibel, industri yang suportif, dan faktor-faktor pendorong eksternal lain menjadi hal yang sangat penting. Melihat hal tersebut, lebih dari 150 perusahaan yang berdomisili di Dongguan merapatkan barisan untuk mendirikan Dongguan Investment Group pada bulan Agustus tahun lalu, dengan modal awal terdaftar sebesar 10 milar yuan (sekira 1,45 miliar dolar AS). Langkah ini mengindikasikan bahwa sektor swasta berambisi untuk memperluas dan memperkuat kehadiran mereka di berbagai industri yang tengah berkembang.

Di sesi jumpa pers, walikota Dongguan Xiao Yafei mendorong Dongguan Investment Group untuk bertindak sebagai platform pendanaan untuk mewujudkan rencana investasi pada berbagai industri kota ini dan wadah pemodalan dari para pengusaha di Dongguan.

Demikian juga, sektor bisnis di Dongguan terkena dampak secara finansial dari pembangunan Greater Bay Area. Hal ini dapat dilihat dari diresmikannya pendanaan pada 2016 oleh pemkot Dongguan kepada World Dongguan Entrepreneurs Federation dan Dongguan Innovation Center of Tsinghua University. Pendanaan tersebut akan dialokasikan untuk mendukung perkembangan berbagai industri, yang mencakup peralatan pintar, informasi elektronik, perawatan lingkungan, dan energi baru.

Pada sesi seremoni penandatanganan di sela-sela konferensi, proyek Changping Guanrui United Network Smart Valley, yang bergerak di bidang Internet of Things (IoT), teknologi komunikasi, terminal pintar, energi baru, dan teknologi mutakhir lainnya, berhasil menyedot perhatian publik. Pasalnya, perusahaan ini memperkenalkan sejumlah proyek IoT inovatif seperti Internet of Intelligences dan car networking. Tak diragukan lagi, Smart Valley digadang-gadang akan menjadi yang terdepan dalam hal inovasi teknologi di Dongguan dan bahkan Greater Bay Area.

"Kita harus mengembangkan industri-industri dari sudut pandang finansial sekaligus menyediakan layanan keuangan yang sesuai dengan pola industri secara holistik," tutur Yin. Mewujudkan keseimbangan antara industri dan keuangan, Dongguan Investment Group menekankan peningkatan pada jasa keuangan dan investasi industri untuk menjadi prioritas. Selain penyediaan dukungan finansial, grup ini juga akan membantu perusahaan untuk meng-upgrade diri untuk wujudkan kerjasama yang saling bermanfaat.

Sumber: The World Dongguan Entrepreneurs Federation

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar