counter

Universitas Muhammadiyah Sumut sabet "BI Corner" terbaik se-Indonesia

Universitas Muhammadiyah Sumut sabet "BI Corner" terbaik se-Indonesia

Pengunjung tunanetra membaca buku di Braille Corner perpustakaan BI Jember, Jawa Timur, Kamis (19/4/2018). Kementerian Sosial melalui Balai Penerbitan Braille Indonesia (BPBI) Abiyoso Bandung memberikan 20 buku braille dan perangkat komputer untuk tunanetra guna menunjang aktivitas di perpustakaan tersebut. (ANTARA FOTO/Seno)

BI Corner ada di berbagai tempat seperti sekolah, perpustakaan daerah provinsi, kabupaten/kota, perpustakaan perguruan tinggi ataupun pondok pesantren
Medan,  (ANTARA News) - "BI Corner" Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) berhasil meraih predikat sebagai yang terbaik di Indonesia dan berhak meraih "BI Corner Award" 2018 untuk kategori perguruan tinggi.

Penyerahan BI Corner Award 2018 dilakukan Deputi Senior Bank Indonesia, Mirza Adityaswara dalam acara yang digelar di Museum BI di Kawasan Kota Tua Jakarta, Senin.

"Semoga penyerahan BI Award 2018 ini bisa menjadi motivasi sekaligus menumbuhkan semangat literasi kepada mahasiswa dan seluruh civitas akademika UMSU. UMSU diharapkan juga bisa lebih mengembangkan BI Corner yang ada sehingga memberikan manfaat lebih untuk masyarakat khususnya mahasiswa," katanya.

Ia mengatakan Bank Indonesia sangat peduli terhadap generasi muda, yang dibuktikan banyak kegiatan yang diselenggarakan BI mengikutsertakan para pemuda.

Dia mengatakan sebuah negara maju tidak bisa hanya mengandalkan sumber daya alam (SDA), tetapi suatu negara maju karena sumber daya manusia.

"Harapannya ada di pemuda, Bank Indonesia juga telah memberikan beasiswa kepada mahasiswa di 105 universitas se Indonesia," katanya.

Program untuk pemuda di antaranya GenBI (Generasi Baru Indonesia), dan BI Corner.

Mirza Adityaswara menjelaskan program BI Corner dimulai tahun 2015, yakni mendirikan suatu perpustakaan kecil di mana Bank Indonesia bisa berkomunikasi kepada masyarakat, mengenai ekonomi Indonesia, apa itu Bank Indonesia dan apa itu moneter.

BI Corner ada di berbagai tempat seperti sekolah, perpustakaan daerah provinsi, kabupaten/kota, perpustakaan perguruan tinggi ataupun pondok pesantren.

Ke depan program BI cukup besar yakni mendirikan 1.000 BI Corner di Indonesia dan sekarang sudah terbangun 700-an di berbagai tempat di Indonesia.

Ia juga menegaskan, ketika BI membantu mitra untuk membangun BI Corner tentu harapannya BI Corner dimanfaatkan oleh masyarakat, dan dimanfaatkan pengelola tersebut.

"Ingat, Bank Indonesia sudah menyerahkan, harapan kami dilakukan berbagai kegiatan yang diselenggarakan pengelola atau memanfaatkan Perwakilan BI di daerah seperti bedah buku, diskusi, dan kegiatan bisa membahas suatu persoalan. Ayo kita aktifkan kegiatan di BI Corner dengan melibatkan, masyarakat, dosen, maupun mahasiswa," ujarnya.

Sementara Rektor UMSU, Dr Agussani, M.AP menyatakan keberhasilan UMSU meraih terbaik I BI Corner Award 2018 kategori perguruan tinggi se-Indonesia merupakan bukti komitmen dari implementasi MoU antara Bank Indonesia Sumut dan UMSU yang dilaksanakan pada 19 Juli 2017.

Sejak didirikan, BI Corner UMSU menjadi tempat pavorit bagi mahasiswa dan dosen.

UMSU sebagai mitra BI terus berupaya mengembangkan BI Corner tidak hanya fisiknya saja tetapi juga beragam kegiatan digelar.

Untuk fisik, UMSU telah mengembangkan BI Corner dengan menambah tampilan desain interior. Bahkan, UMSU juga menambah koleksi buku-buku di BI Corner.

"Sebagai pimpinan universitas saya menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada pimpinan Bank Indonesia yang memberikan perhatian dan peduli dalam peningkatan kualitas pendidikan dimana BI melalui Kantor Perwakilan BI Sumut memberikan bantuan dalam bentuk pembangunana sarana prasarana perpustakaan mini," katanya.

Hadirnya BI Corner telah memberikan efek yang sangat positif bagi institusi UMSU sebagai lembaga pengelola pendidikan tinggi di antaranya, BI Corner berdampak bagi perolehan akreditasi program studi di UMSU.

Akreditasi Perpustakaan UMSU yakni menjadi perpustakaan terbaik swasta di Sumatera Utara tahun 2018 dan meraih akreditasi A pada Perpustakaan UMSU dari Lembaga Akreditasi Perpustakaan (LAP) Perpunas RI.

Baca juga: Universitas Muhammadiyah Sumut luncurkan perpustakaan digital

Baca juga: Bank Indonesia targetkan bangun 1.000 "BI Corner"

Pewarta: Juraidi
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar