Telkomsigma sebetulnya sekarang ini sangat berfokus pada layanan private-cloud...
Jakarta (ANTARA News) - CEO Telkomsigma Iskriono Windiarjanto memprediksi bahwa perusahaan-perusahaan akan lebih cenderung mengadopsi layanan teknologi multi-cloud atau cloud computing pada waktu mendatang.

"Ke depan ini trennya adalah cloud computing, perusahaan-perusahaan akan banyak mengadopsi (layanan teknologi) multi-cloud," ujarnya di Jakarta, Selasa.

Dia lebih lanjut menjelaskan bahwa kecenderungan perusahaan-perusahaan, khususnya swasta mengadopsi cloud computing karena faktor efisiensi, di mana pengelolaan data center  secara khusus memakan biaya yang cukup besar dan harus memenuhi standar.

"Telkomsigma sebetulnya sekarang ini sangat berfokus pada layanan private-cloud, mengingat kami memiliki 375 perusahaan yang dilayani dan terkoneksi dengan data center kami selama ini," kata Iskriono tersebut usai menerima Sertifikat Tier IV Construction Facilities dari Uptime Institute.

Telkomsigma meraih Sertifikasi Uptime Institute Tier IV Construction Facilities pertama di Indonesia. Prestasi yang diraih ini melengkapi prestasi yang telah diraih sebelumnya yakni Sertifikat Tier IV Certifcation Design Documents. Selain itu, Telkomsigma juga meraih sertifikasi  Tier III Certification of Operations Sustainable tingkat gold pertama di ASEAN.

Sertifikat ini berhasil diperoleh karena keberadaan data center yang dilengkapi jalur distribusi ganda untuk pasokan listrik dan sistem pendingin yang selalu aktif serta berfungsi, sehingga menjamin keberlangsungan operasional layanan yang selalu siap sedia bagi para klien Telkomsigma.   

Selain itu, sertifikasi ini juga memperkuat kapabilitas data center Telkomsigma, membantu meningkatkan resiliensi, menjaga fungsionalitas teknologi informasi dan mendukung operasional yang efektif. Proses sertifikasi Tier telah memastikan seluruh operasional berjalan selaras dengan tujuan usaha dari organisasi dan ekspektasi ketersediaan.

“Dengan diperolehnya Tier IV Construction Facilities  dari Uptime Institute, semakin membuktikan bahwa layanan data center Telkomsigma sudah sesuai dengan standar Data Center Tier berkelas internasional," ujar Iskriono.

Baca juga: Telkomsigma klaim punya data center "Always On"

Baca juga: Asosiasi Game Indonesia sebut kewajiban data center sukar diterapkan

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2018