Penghargaan ini juga diberikan kepada tokoh yang telah berperan dalam pengembangan dunia desain produk industri di Indonesia. IIDA akan mencakup produk-produk dari lini industri start up, kecil, menengah dan besar
Jakarta (ANTARA News) - Kementerian Perindustrian meluncurkan penghargaan untuk produk-produk khas Indonesia maupun tokoh industri nasional bernama Indonesia Industrial Design Awards (IID Awards).

Peluncuran penghargaan itu untuk terus memacu industri kecil dan menengah (IKM) agar menerapkan standar produk serta melakukan inovasi dan kreasi.

“Penghargaan ini juga diberikan kepada tokoh yang telah berperan dalam pengembangan dunia desain produk industri di Indonesia. IIDA akan mencakup produk-produk dari lini industri start up, kecil, menengah dan besar,” kata Direktur Jenderal IKM Kemenperin Gati Wibawaningsih di Jakarta, Selasa.

Sejalan dengan hal tersebut, dalam rangka membangun produk yang berkualitas yang tercermin melalui kualitas desain yang prima, Kementerian Perindustrian melalui Direktorat Jenderal Industri Kecil dan Menengah bekerjasama dengan beberapa asosiasi profesi desain.

Asosiasi tersebut yakni ADPII (Aliansi Desainer Produk Industri Indonesia), HDII (Himpunan Desain Interior Indonesia) dan AIDIA (Asosiasi profesional desain komunikasi visual Indonesia) untuk berinisiasi menyelenggarakan kegiatan Indonesia Industrial Design Award 2019 (IID Awards).

Gati mengatakan program itu merupakan penghargaan tertinggi dari Kementerian Perindustrian untuk produk, desainer dan klien (perusahaan/industri) yang berkontribusi dalam proses pemecahan masalah strategis yang mendorong inovasi.

Selain itu, turut membangun kesuksesan bisnis dan menghasilkan kualitas produk, sistem, layanan dan pengalaman yang lebih baik, dengan berbasis pengembangan, inovasi dan kualitas desain produk industri (industrial design).

Dalam penyelenggaraannya, Indonesia Industrial Design Awards dimulai dengan kegiatan yang dilaksanakan Selasa ini, lalu akan ada sosialisasi yang dimulai pada Selasa ini sampai Juli 2019, tahap praseleksi pada bulan Juli dan seleksi I pada Agustus serta seleksi tahap II pada September dan terakhir penganugerahan (awarding ceremony) pada Oktober 2019 yang dilanjutkan dengan roadshow sampai bulan Desember 2019.

Gati mengatakan di Indonesia Industrial Design Award akan ada tiga penghargaan yang berupa IID Award yang diberikan untuk produk baru (maximum diproduksi tiga tahun sebelumnya) dengan melalui proses penjurian yang terdiri dari IID Good Design, IID Best 20, IID Best 3 dan IID Grand Award.

Penghargaan tersebut terbagi dalam beberapa kategori seperti Aplikasi & Permainan (Game), Produk Elektronika & Peralatan Rumah Tangga (Home Appliances), Transportasi & Aksesoris Otomotif, Materi Promosi dan Identitas Visual Produk (Product Visual Identity).

Kemudian, Produk Mainan Kreatif & Alat Peraga Pendidikan, Produk Industri Kerajinan, Alas Kaki & Apparel, Perhiasan dan Aksesoris Fashion, Furniture & HomeDecor, Perlengkapan Kantor dan terakhir Hobby & Leissures.

Selain itu, ada juga penghargaan IID Mark, yang diberikan kepada produk yang memiliki nilai-nilai heritage dan berkualitas yang ada di pasar, serta penghargaan IID Lifetime Achievement kepada tokoh yang telah berperan dalam pengembangan dunia desain produk industri di Indonesia baik dalam bidang Kebijakan (Wisdom), Pengembangan Produk (Product Development) dan Pendidikan (Knowledge). 

“Indonesia Industrial Design Award  ini diharapkan tidak hanya menjadi sebuah kegiatan, namun juga akan menjadi gerakan yang dapat meningkatkan citra positif bangsa (Face of Nation, Face of Industry, Face of Lifestyle, Face of Creation,  & Face of Brand) melalui produk-produk Indonesia yang inovatif dengan kualitas desain yang baik," jelas Gati.

Baca juga: 143 perusahaan raih penghargaan industri hijau

Baca juga: Kemenperin kebut pembangunan 18 kawasan industri luar Jawa


 

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2018