Presiden Jokowi berharap beroperasinya tol sepanjang 1.150 km dari Merak-Banyuwangi itu akan memudahkan serta mempercepat dan mengefisienkan biaya pengangkutan orang, barang, dan logistik di wilayah Jawa
Madiun, (ANTARA News)  - Presiden Joko Widodo dalam perjalanannya dengan bus melintasi tol trans-Jawa singgah di Rest Area 597 B untuk beristirahat sejenak dan menikmati kuliner lokal bersama rombongan.

Presiden tiba di Rest Area 597 B Ngawi-Kertosono, Kamis, sekitar pukul 10.15 WIB dari titik sebelumnya interchange Bandar Jombang.
Rest area itu menjadi tempat pemberhentian pertama rombongan Presiden yang menggunakan lima bus menangkut anak muda milenial dan para pekerja yang ikut serta membangun jalan tol itu.

Sesampainya di Rest Area itu, Presiden didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo langsung dipersilakan duduk di saung tenda dengan kursi-kursi kayu yang di mejanya telah tersaji beragam kuliner lokal.

Kuliner lokal yang disajikan itu merupakan produk UKM dan masyarakat yang menempati kios-kios di rest area itu.
Beberapa kuliner yang tersaji di antaranya nasi pecel madiun dan nasi soto madiun, soto ayam kampung, ayam geprek, tahu dan tempe goreng, sop iga, gulai ikan, dan beragam jus buah.

Presiden dan Ibu Negara tampak didampingi dalam satu meja oleh Gubernur Jateng Ganjar Pranowo dan istri, serta Gubernur Jatim Soekarwo dan istri.

Di sela waktu istirahatnya melakukan ekspedisi tol trans-Jawa sejauh 341 km dari Surabaya menuju Jembatan Kali Kota Kendal Jawa Tengah, Presiden tampak melakukan video blogging (vlog) dengan kamera ponselnya.

Presiden Jokowi berharap beroperasinya tol sepanjang 1.150 km dari Merak-Banyuwangi itu akan memudahkan serta mempercepat dan mengefisienkan biaya pengangkutan orang, barang, dan logistik di wilayah Jawa.

"Lebih mudah, kemudian lebih cepat dan juga lebih murah, tapi masyarajat diberi opsi-opsi diberi pilihan, mau pakai yang atas jalan tol ini silakan, mau pakai yang bawah di jalan nasional yang lama silakan sehingga kita harapkan yang jalan lama ini juga terkurangi kemacetannya karena sebagian berpindah ke jalan tol," katanya.

Keberadaan jalan tol itu juga diharapkannya alan memudahkan UMKM dan industri mendapatkan suplai bahan baku.
"Industri kecil jadi lebih cepat dan lebih murah dan lebih mudah sehingga kecepatan dalam berproduksi jadi lebih baik," katanya.

Untuk konsep rest area yang dikembangkan di sepanjang jalan tol trans-Jawa kata dia, merupakan rest area yang mengakomodasi UMKM.

"Usaha-usaha mikro kecil serta menengah yang itu merupakan unggulannya kabupaten atau unggulannya daerah," katanya. Ia juga menekankan agar brand lokal lebih diprioritaskan.

"Kalau ada brand lokalnya kenapa harus pakai brand asing," katanya.
Presiden setelah sekitar satu jam beristirahat di rest area Ngawi-Kertosono melanjutkan perjalanan menuju Jembatan Kali Kuto Kendal Jateng.
 

Pewarta: Hanni Sofia
Editor: Royke Sinaga
Copyright © ANTARA 2018