counter

Himbara kembangkan teknologi cloud dukung Industri 4.0

Himbara kembangkan teknologi cloud dukung Industri 4.0

Himbara Cloud Innovation Day bertajuk Facing Industry 4.0: Journey to Cloud Computing di Jakarta, Kamis (20/12/2018) (ANTARA News/Zubi Mahrofi)

Penggunaan internet di Tanah Air semakin meningkat, termasuk untuk industri maupun layanan transaksi keuangan
Jakarta *ANTARA News) - Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) mengembangkan teknologi cloud mendukung transformasi digital menuju Industri 4.0.

Ketua Task Force Cloud Himbara, Andi Nirwoto di Jakarta, Kamis mengatakan menghadapi perkembangan teknologi, Himbara bersinergi melakukan transformasi digital dengan salah satu yang utama adalah mengoptimalkan "cloud computing" untuk meningkatkan kualitas layanan bagi masyarakat serta mengembangkan bisnis.

"Penggunaan internet di Tanah Air semakin meningkat, termasuk untuk industri maupun layanan transaksi keuangan," ujar Andi Nirwoto yang juga Direktur Informasi Teknologi PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) dalam Himbara Cloud Innovation Day bertajuk Facing Industry 4.0: Journey to Cloud Computing.

Ia menyampaikan teknologi cloud memberikan kecepatan, fleksibilitas dan efisiensi dalam penyediaan infrastruktur IT, sehingga IT BTN dapat beradaptasi dengan agile dalam mendukung dinamika bisnis.

"Dalam jangka pendek BTN akan memperluas pemanfaatan teknologi cloud untuk meningkatkan agility menghadapi industry 4.0, khususnya software defined data center serta hybrid cloud yang didukung oleh artificial intelligence operations," katanya.

Ia menambahkan BTN mulai mengadopsi teknologi cloud sejak tahun 2008, saat ini hampir seluruh layanan perbankan khususnya digital banking telah berjalan di atas "private cloud".

Dalam kesempatan sama, Direktur Teknologi Informasi dan Operasi Bank Mandiri Rico Usthavia Frans mengatakan bahwa demi mendukung transformasi digital menuju Industri 4.0, pihaknya menghadirkan teknologi Cloud Computing bernama Mandiri Cloud.

"Cloud computing merupakan pondasi dari beberapa teknologi yang menjadi pemantik dalam revolusi industri 4.0, seperti Artificial Intelegence, Block Chain, dan Data Science. Mandiri Cloud yang diterapkan oleh Bank Mandiri didukung oleh sistem yang aman, cepat, dan fleksibel," katanya.

Teknologi dalam Mandiri Cloud, lanjut dia, dikembangkan menjadi hybrid cloud sehingga dapat bersinergi dengan Himbara untuk eksplorasi dan penggunaan bersama.

Sementara itu, Direktur Teknologi Informasi PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) Dadang Setiabudi, menilai salah satu teknologi yang dapat menjawab tantangan bisnis di industri 4.0 adalah "cloud computing".

"Sinergi Himbara ini langkah penting bagi dunia perbankan nasional untuk memasuki industri 4.0," katanya.

Country Manager Indonesia VMware Cin Cin Go mengatakan dunia perbankan dan industri keuangan membutuhkan infrastruktur jaringan baru yang mampu melindungi beragam aplikasi, data, dan pengguna di berbagai lingkungan Cloud.

"Dengan demikian, perbankan, khususnya bank-bank milik negara, dapat dengan cepat menjawab tantangan dan kompetisi layanan pembayaran non-tunai," katanya.

Pewarta: Zubi Mahrofi
Editor: Ahmad Buchori
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Presiden terima Hyundai bahas mobil listrik

Komentar