Jakarta, (ANTARA News) - Mahasiswa Indonesia berhasil memboyong 44 medali emas, 39 medali perak dan 30 medali perunggu dalam kejuaraan olahraga mahasiswa tingkat Asia Tenggara atau Asean University Games ke 19 yang berlangsung di Naypyidaw, Myanmar pada 7 hingga 19 Desember 2018.
   
"Prestasi ini sangat membanggakan, mahasiswa kita berhasil meraih peringkat kedua atau naik dibandingkan perolehan tahun sebelumnya," ujar Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Prof Ismunandar, di Jakarta,Kamis.
   
Tim Indonesia mengirimkan sebanyak 50 mahasiswa. Mereka berhasil meraih medali  dari 13 cabang olahraga yang diikuti yaitu cabang atletik, panahan, bola basket, renang, bola voli, catur, karate, petanque, dayung, wushu, vovinam, badminton, dan sepak takraw.
   
Para atlet yang dikirim adalah atlet mahasiswa yang telah meraih prestasi di ajang Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNAS) 2017.
   
smunandar menjelaskan  pada tahun sebelumnya, mahasiswa Indonesia meraih peringkat ketiga.
    
Ajang olahraga tingkat mahasiswa itu mempertandingkan 17 cabang olahraga, memperebukan total 1.897 medali, yang terdiri dari 587 emas, 587 perak, dan 723 perungu. Acara itu diikuti sebanyak 2.078 atlet, pelatih, dan manajer dari  negara-negara anggota ASEAN.

Baca juga: Mahasiswa Indonesia menang kompetisi desain logo ASEAN
Baca juga: Mahasiswa UGM raih prestasi diplomasi di Thailand
Baca juga: Mahasiswa UB Malang terima penghargaan PBB


Pewarta: Indriani
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2018