Persatuan dalam keanekaragaman budaya Indonesa diharapkan dapat menjadi contoh dan memperkuat moderasi dan perdamaian dunia
Riyadh (ANTARA News) - Duta Besar Luar Biasa Berkuasa Penuh untuk Arab Saudi Agus Maftuh Abegebriel mengatakan partisipasi Indonesia sebagai tamu kehormatan Festival Janadriyah ke-33 yang diadakan pemerintah Kerajaan Arab Saudi bertema "Persatuan dalam Keberagaman Memperkuat Moderasi dan Perdamaian Global".

"Persatuan dalam keanekaragaman budaya Indonesa diharapkan dapat menjadi contoh dan memperkuat moderasi dan perdamaian dunia," kata Agus di Riyadh, Arab Saudi, Kamis.

Agus yang juga merangkap Wakil Tetap Indonesia untuk Organisasi Kerjasama Islam itu mengatakan upaya memperkenalkan kekayaan budaya Indonesia merupakan sebuah dialog antar peradaban.

Indonesia menjadi tamu kehormatan Festival Janadriyah atas keputusan Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud dan Putra Mahkota Pangeran Muhammad bin Salman.

Partisipasi Indonesia sebagai tamu kehormatan Festival Janadriyah diharapkan dapat mempererat hubungan bilateral kedua negara. Sebagai duta besar, Agus kerap mempromosikan hubungan bilateral Indonesia-Arab Saudi dengan slogan Saunesia yang merupakan singkatan dari Arab Saudi-Indonesia.

Festival Janadriyah adalah festival budaya dan warisan tahunan terbesar di Timur Tengah, yang diselenggarakan sejak tahun 1985. Festival Janadriyah ke-33 akan dibuka Raja Salman Bin Abdulaziz pada Kamis.

Delegasi Indonesia dipimpin Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani. Puan dijadwalkan mengadiri rangkaian acara pembukaan Festival Janadriyah. 

Acara pembukaan akan diawali dengan lomba balap unta yang merupakan tradisi panjang dalam kebudayaan Arab Saudi. Selanjutnya, Puan bersama Raja Salman akan mengunjungi Paviliun Indonesia. 

Baca juga: Puan pimpin delegasi Indonesia di festival budaya Arab Saudi
Baca juga: Indonesia tamu kehormatan Festival Budaya Janadriyah di Arab Saudi

Pewarta: Dewanto Samodro
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2018