Singapura (ANTARA News) - Apakah Anda menganggap "Asal Kau Bahagia" dari band Armada merupakan lagu untuk orang-orang berhati galau?

Jika jawabannya "ya", berarti pesan yang ingin disampaikan Armada lewat liriknya belum tersampaikan secara akurat.

1. Lagu untuk move on

Menurut Rizal, banyak orang yang menyangka lagu, yang video liriknya sudah ditonton 270 juta kali di YouTube, itu merupakan musik wajib orang yang sedang patah hati dan meratapi nasib. 

"Padahal bukan itu, niatnya ajak untuk move on dan ikhlas (agar orang lain bahagia)," kata Rizal usai pemutaran perdana film "Asal Kau Bahagia" di kapal pesiar Genting Dream, Kamis.

Baca juga: Aliando lakoni sendiri adegan berbahaya di "Asal Kau Bahagia"

2. Pengalaman pribadi

Armada biasanya menciptakan lagu berdasarkan pengalaman pribadi yang juga dirasakan oleh banyak pendengarnya. 

Lirik "Asal Kau Bahagia" juga bersumber dari pengalaman mereka sesuai versi masing-masing. Walau tidak sama persis, tapi punya benang merah yang sama. Ada yang kehilangan orang yang disayangi hingga disakiti hatinya akibat kekasih tak setia.

"Kita ambil sisi universalnya, cerita yang banyak dialami orang," imbuh Andika Maihendra Yuda  alias Mai sang gitaris.

Menurut Rizal, salah satu kekuatan dari band yang sudah berusia 11 tahun itu adalah lirik yang mengena di hati banyak orang. Mereka memang membuatnya apa yang menimpa diri sendiri yang rata-rata dialami orang lain. "Kekuatan Armada, bikin lagu beneran merasakan apa yang di lirik," ujar dia.

Contoh lainnya adalah lagu "Pergi Pagi Pulang Pagi" yang mereka buat ketika pekerjaan sedang menyita waktu.  Lagu jadi tempat mencurahkan isi hati. 

"Pas bikin memang lagi mengalami itu, beres kerja jam dua pagi tapi jam lima harus sudah di bandara."

Baca juga: Sutradarai film ABG bikin Rako Prijanto ikut meremajakan diri

3. Video lirik dibuat dalam dua hari

Video lirik "Asal Kau Bahagia" yang dirilis pada Februari 2017  sudah ditonton 270 juta kali ketika berita ini ditulis. Rupanya video tersebut rampung hanya dalam waktu dua hari. 

Pencipta video komik bergaya sederhana yang menggambarkan lirik "Asal Kau Bahagia" itu merupakan orang yang dekat dengan band Armada. Pencipta komik itu langsung dipilih begitu Armada menentukan konsep video lirik yang diinginkan.

"Video lirik dibikin adik kandung gue," ungkap Mai, menambahkan adik perempuannya berkecimpung di bidang desain grafis.

Video lirik itu sudah dianggap betul-betul mewakili lagu hits itu, sehingga Armada tidak membuat versi video klipnya.

"Tanggal 2 Februari rilis, tanggal 5 manggung di Magelang satu stadion (hafal) nyanyi (Asal Kau Bahagia). Lagu itu memang ajaib."


Baca juga: Rizal Armada menangis nonton "Asal Kau Bahagia"

4. Hanya targetkan satu juta view YouTube

Armada tidak mau punya ekspektasi terlalu tinggi ketika merilis karya-karya baru. Pada awal berkarir, mereka pernah kecewa karena gagal setelah menaruh harapan tinggi pada sebuah album. Ketika merilis "Asal Kau Bahagia", tidak ada firasat lagu tersebut bakal meledak hingga ditonton 270 juta kali di YouTube.

"Video lirik Asal Kau Bahagia (awalnya)  target cuma sejuta viewer, tapi sebulan sudah 26 juta viewer," beber Mai.

"Asal Kau Bahagia" diadaptasi menjadi film yang disutradarai Rako Prijanto yang akan tayang pada 27 Desember. Film drama remaja dari rumah produksi Falcon itu dibintangi oleh Aliando Syarief, Aurora Ribero, Dewa Dayana dan Teuku Rasya.

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Subagyo
Copyright © ANTARA 2018