counter

Menhub nilai KAI siap hadapi liburan Natal-Tahun Baru 2019

Menhub nilai KAI siap hadapi liburan Natal-Tahun Baru 2019

Menteri Perhubungan Budi Karya SUmadi saat melepas keberangkatan Kereta Api Sawunggaling jurusan Jakarta-Kutuarjo di Stasiun Pasar Senen Jakarta, JUmat (21/12/2018). Menhub menilai PT KAI (Persero) sudah mempersiapkan dengan baik angkutan jelang liburan Natal dan Tahun Baru 2019. (ANTARA/Ahmad Wijaya)

Sejak beberapa hari lalu saya sudah meninjau sejumlah stasiun dan ternyata hasilnya PT KAI sudah mempersiapkan dengan baik menjelang liburan panjang Natal dan Tahun Baru
Jakarta (ANTARA News) - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menilai PT KAI (Persero) sudah siap mempersiapkan armadanya menyambut liburan Natal dan Tahun Baru 2019 termasuk dengan pelayanan pembelian tiket yang sudah memuaskan.

"Sejak beberapa hari lalu saya sudah meninjau sejumlah stasiun dan ternyata hasilnya PT KAI sudah mempersiapkan dengan baik menjelang liburan panjang Natal dan Tahun Baru," kata Menhub Budi Karya kepada pers saat meninjau Stasiun Pasar Senen Jakarta, Jumat.

Menhub mengatakan, sekalipun PT KAI sudah melakukan memeriksa kelaikan kendaraan (Ramp check) namun diingatkan agar hal tersebut jangan sampai kendur apalagi dilalaikan karena jika terjadi kerusakan, maka akan berdampak terhadap perjalanan kereta api di belakang maupun didepannya.

Dari hasil pembicaraan dengan para penumpang, Menhub mengatakan, umumnya calon penumpang menyatakan kepuasan terhadap pelayanan PT KAI, terutama dalam pembelian tiket yang makin mudah dan cepat.

"Tadi saya tanya ke jajaran PT KAI dan calon penumpang. Hasilnya sebanyak 80 persen penjualan tiket melalui on line sementara yang beli tiket pada hari keberangkatan sedikit, sekitar 20 persen. Itu juga kalau masih ada tiketnya," kata Menhub.

Sebelumnya Direktur Utama KAI Edi Sukmoro mengatakan pihaknya sudah siap menghadapi masa angkutan Natal dan Tahun Baru yang diprediksi ada kenaikan penumpang selama empat persen dari 5,1 juta penumpang menjadi 5,3 juta penumpang.

Menghadapi angkutan Natal dan Tahun Baru 2018/2019, PT Kereta Api Indonesia (Persero) menetapkan angkutan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2018/2019 selama 18 hari, yakni dari 20 Desember 2018 hingga 6 Januari 2019.

Dari aspek sarana KA, tahun ini KAI menyiagakan 444 unit lokomotif  dan satu unit lokomotif cadangan, serta 1.637 unit kereta dan 218 unit kereta cadangan.

Sementara untuk jumlah KA, tahun ini KAI menyiapkan 346 perjalanan KA reguler serta 48 perjalanan KA tambahan untuk melayani masyarakat yang ingin menggunakan jasa KA pada masa liburan akhir tahun kali ini.

Sehingga total jumlah KA yang siap melayani masyarakat pada masa angkutan Nataru kali ini adalah 394 perjalanan KA.

Jumlah ini meningkat lima persen dibanding masa angkutan Nataru tahun lalu, yakni sebesar 375 perjalanan KA (335 KA reguler dan 40 KA tambahan).

Baca juga: KAI pastikan tidak lampaui tarif batas atas selama Natal-Tahun Baru
Baca juga: KAI proyeksikan volume angkutan Natal 1,2 juta penumpang

Pewarta: Ahmad Wijaya
Editor: Ahmad Buchori
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Pemerintah matangkan rencana Stasiun Manggarai jadi stasiun pusat

Komentar