Jakarta (ANTARA News) - Massa aksi bela muslim Uighur bersiap-siap melaksanakan sholat Jumat di Mesjid Jami' Al-Istiqomah, di Jalan Mega Kuningan Barat IX, Jakarta.

Berdasarkan pantauan di lapangan, massa aksi bela muslim Uighur yang memakai topi mau ikat kepala bertuliskan kalimat tauhid mengambil air wudhu dengan tertib.

Selanjutnya mereka masuk ke dalam Mesjid Jami' Al-Istiqomah untuk menunaikan sholat Jumat. Sebagian dari mereka juga membuat barisan di depan halaman Mesjid Jami' Al-Istiqomah.

Setelah menunaikan sholat Jumat, massa dengan jumlah yang lebih besar akan datang ke Kedutaan Besar China di Jakarta.

Sebelumnya, massa aksi bela muslim Uighur berkumpul di depan Kedutaan Besar China di Jakarta untuk menyuarakan protes ke pemerintah China yang dianggap menerapkan tindakan respresif ke muslim Uighur di Provinsi Xinjiang, China.

Aksi mereka berlangsung tertib dan damai. Selama menyampaikan aspirasi, mereka membawa spanduk bertuliskan dukungan untuk etnis Uighur dan mengibarkan bendera dengan kalimat Tauhid.

Aksi bela muslim Uighur itu mendapatkan pengawalan ketat polisi yang berjaga di Jalan Mega Kuningan, salah satu pusat bisnis nasional.

Pewarta: Azis Kurmala
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2018