Untuk tahun depan, kereta masuk ke bandara untuk sementara kami operasikan kereta ‘shuttle’ dari stasiun terdekat
Jakarta (ANTARA News) - Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan akan mengoperasikan kereta jemputan (shuttle) yang menghubungkan stasiun terdekat hingga Bandara Internasional Yogyakarta Baru (NYIA) di Kulon Progo, Provinsi Yogyakarta.

"Untuk tahun depan, kereta masuk ke bandara untuk sementara kami operasikan kereta shuttle dari stasiun terdekat," kata Dirjen Perkeretaapian Zulfikri kepada Antara di Jakarta, Jumat.

Dia menjelaskan pengoperasian kereta jemputan tersebut hanya berlaku sementara ketika Bandara NYIA pertama kali dioperasikan pada April 2019.

Zulfikri mengatakan waktu tempuh kereta jemputan tersebut hanya 10 menit dari stasiun terdekat yaitu Stasiun Wojo.

Saat ini, dia menuturkan, pihaknya masih membangun jaringan yang diperkirakan 2020 baru rampung.

DIrencanakan, akan ada dua unit kereta yang disiapkan sebagai akses untuk menuju NYIA, yaitu dari Stasiun Maguwo-Tugu-Wojo dan Stasiun Maguwo-Tugu-Kedundang.  

Sebelumnya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi telah meninjau pembangunan NYIA dan mengatakan dengan adanya dua akses tersebut, penumpang bisa memiih jalur yang paling efisien.

Pasalnya, dari Stasiun Maguwo ke Stasiun Wojo sekitar 30 menit, sementara dari Stasiun Woo ke Bandara  sekitar 10 menit.

Baca juga: Railink berminat bangun KA Bandara Kulon Progo
 

Pewarta: Juwita Trisna Rahayu
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2018