Washngton (ANTARA News) - Partai Demokrat pada Kamis (20/12) mengumumkan akan mengadakan menyelenggarakan 12 kali acara debat, yang disiarkan televisi, sepanjang masa kampanye presiden Amerika Serikat tahun 2020.

Jumlah itu merupakan peningkatan dari empat tahun sebelumnya dan ditujukan untuk membantu para pemilih menyeleksi sekian banyak kandidat, yang akan berusaha merebut kursi Presiden Donald Trump.

Rangkaian debat akan dimulai pada Juni 2019 dan terus bergulir hingga April tahun berikutnya. Dalam periode itu, jumlah kandidat diperkirakan sudah akan mengerucut.

Pengumuman Komite Nasional Demokratik itu menandai perubahan dari masa kampanye 2016, yang ketika itu hanya diisi dengan enam acara debat. Keadaan itu dikritik para pendukung Senator Berni Sanders, yang menganggap bahwa jadwal singkat seperti itu memberi keuntungan kepada kandidat unggulan, Hillary Clinton. Acara debat akhirnya ditambah menjadi sembilan kali.

Masa kampanye Pilpres 2020 kemungkinan akan diikuti puluhan kandidat dari Partai Demokrat.

Banyak di antara mereka yang diperkirakan akan mengumumkan pencalonan pada awal 2019.

Saat ini, belum ada kandidat yang menjadi favorit. Namun, beberapa orang yang dianggap favorit disebut-sebut sedang mempertimbangkan untuk melakukan kampanye, termasuk mantan Wakil Presiden Joe Biden, Wali Kota Los Angeles Eric Garcetti dan mantan Wali Kota New York Michael Bloomberg serta sejumlah senator AS, yakni Kamala Harris, Elizabeth Warren, Kirsten Gillibrand, Amy Klobuchar, Bernie Sanders, Sherrod Brown dan Cory Booker.

Partai Demokrat mengatakan serangkaian debat awal akan digelar setiap beberapa malam untuk memberikan kesempatan bagi para kandidat, yang jumlahnya diperkirakan akan tinggi.

Untuk dapat mencalonkan diri, mereka harus memenuhi berbagai kriteria, termasuk besarnya dukungan yang bisa dilihat dari jajak pendapat serta penggalangan dana di tingkat akar rumput.

Partai Republik menghadapi masalah yang sama pada masa kampanye 2016. Dengan kandidat yang begitu banyak, partai tersebut terpaksa menyelenggarakan dua acara debat terpisah dalam satu malam.

Kegiatan pertama untuk mencalonkan kandidat dari Partai Demokrat akan digelar pada Februari 2020 di negara-negara bagian biasanya, yaitu Iowa dan New Hampshire. Pada kesempatan itu, jumlah kandidat kemungkinan belum berkurang banyak.

Pengerucutan jumlah kemungkinan baru akan terjadi pada acara debat yang disebut dengan `Super Tuesday` pada Maret 2020, yaitu ketika sejumlah negara bagian seperti California, North Carolina dan Texas menyelenggarkan `primary`, yaitu pemilihan pendahuluan.

Baca juga: Demokrat rebut kendali dari Partai Republik di DPR Amerika Serikat


Sumber: Reuters
Editor: Tia Mutiasari/Mohamad Anthoni

Pewarta: Antara
Editor: Tia Mutiasari
Copyright © ANTARA 2018