Surabaya (ANTARA News) - Pemerintah Kerajaan Arab Saudi mengenalkan pentingnya Bahasa Arab untuk warga Kota Surabaya, Jawa Timur dalam acara peringatan "Hari Bahasa Arab se-Dunia" di kota itu, Jumat.

"Acara ini merupakan bentuk perhatian Pemerintah Arab Saudi kepada bahasa Arab dan bertujuan mengenalkan pentingnya bahasa arab dengan mengadakan seminar dan pelatihan serta pembagian brosur," kata Atase Pendidikan Arab Saudi untuk Indonesia dan Malaysia Prof Dr Khalid Faraj Almutlaq.

Khalid mengatakan dipilihnya Surabaya menggelar peringatan itu karena Surabaya dianggap sebagai kota budaya bagi Indonesia.

"Sengaja dipilihnya di mal dengan maksud agar bahasa Arab makin dikenal luas. Bisa dikenal sampai berbagai macam lini, sehingga ada pembagian brosur dan selebaran merupakan upaya untuk mengenalkan bahasa arab sebagai bahasa Al Quran," ujarnya.

Selain itu, visi yang diterapkan dari perayaan ini adalah agar tumbuh generasi berikutnya yang mengenal bahasa arab sebagai bahasa Al Quran. Juga agar bahasa itu dikaji, dipelajari banyak orang dan makin berkembang luas.

Dikatakannya, hubungan bilateral Indonesia Arab Saudi sangat erat, di mana itu tercermin dari hubungan ekonomi dan budaya. Untuk sektor budaya dan pendidikan ada begitu banyak kerja sama, seperti pembangunan sekolah dan beasiswa mahasiswa Indonesia untuk belajar ke Arab Saudi.

"Setiap tahunnya kami memberikan beasiswa kepada 500 mahasiswa per tahun. Kami harap semakin banyak mahasiswa yang tertarik belajar ke Arab Saudi," ucapnya.

Selain seminar dan pelatihan, dalam acara itu Kerajaan Arab Saudi juga memberikan penghargaan kepada sejumlah tokoh yang berperan mengajarkan bahasa Arab di Indonesia.*


Baca juga: Mendikbud: Misi kebudayaan sebagai diplomasi lunak

Baca juga: Indonesia ingin tunjukkan persatuan kepada negara Arab


 

Pewarta: Indra Setiawan dan Willy Irawan
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2018