Ambon (ANTARA News) - Sebanyak 16 Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menyalurkan bantuan sebesar Rp21,4 miliar dalam program "BUMN Berbagi Kasih" di kota Ambon, Maluku.

"Ke-16 BUMN bersinergi menyalurkan bantuan sebagai bentuk BUMN Hadir Untuk Negeri terutama di wilayah Indonesia timur," kata Deputi Restrukturisasi dan Pengembangan Usaha BUMN Aloysius Kiik Ro, di Ambon, Jumat.

Menurut dia, sebanyak sembilan paket bantuan diserahkan 16 BUMN yang disalurkan ke penerima yakni anak yatim dari sejumlah panti asuhan di Ambon, bantuan rumah ibadah, pembangunan fasilitas, sekolah dan nelayan.

BUMN yang bersinergi yakni Jasa Raharja, Pelindo IV, ASDP, PLN, Askrindo, Himbara (Mandiri, BNI, BTN, BRI), Perinus, Telkom, Pertamina, Taspen, Adhi Karya dan Virama Karya.

PT Jasa Raharja menyerahkan bantuan pembangunan dermaga tambatan perahu di Dusun Ketapang, desa Loki, Seram Bagian Barat sebesar Rp1 miliar.

PT Jasa Raharja bersinergi dengan BNI, ASDP dan Perinus juga menyerahan bantuan perbaikan 28 rumah adat suku Mausu di kabupaten Maluku Tengah, melalui Kodam XIV Pattimura sebesar Rp1,37 miliar.

Bantuan bina lingkungan juga diserahkan kepada empat panti asuhan dan dua gereja di Ambon yakni panti asuhan Caleb House, Sekolah Luar Biara Leliani, Yayasan Pelita Kasih dan panti asuhan maria mediatrix, dan dua gereja di Ambon masing-masing sebesar Rp100 juta.

Selain itu menyerahkan santunan kepada 600 anak panti asuhan sebesar Rp150 juta dan bingkisan natal Rp60 juta.

Sementara itu Himbara, PGN, Jasa Raharja, Telkom, Pertamina, PLN, Adhi Karya dan Virama Karya menyerahkan bantuan pembangunan gedung inkubator bisnis di Universitas Pattimura sebesar Rp10 miliar. Himbara juga membantu pembangunan fasilitas air bersih untuk 1.600 warga dusun Wayasel, desa Luhu Seram Bagian Barat.

Sejumlah BUMN antara lain Askrindo menyerahkan bantuan mobil pintar kepada PAUD Aurora di Ambon sebesar Rp231 juta, beasiswa kepada 35 mahasiswa Unpatti Rp525 juta, PT Taspen dan PT Perindo menyerahkan bantuan 50 perahu nelayan sebesar Ro2,5 miliar, dan PT PLN membantu elektrifikasi 1.000 rumah di daerah 3T di Maluku sebesar Rp1,36 miliar.

Serta PT Pelindo IV membantu perbaikan lima unit bangunan sekolah di kota Ambon dengan total bantuan Rp450 juta, dan PT Pelni membantu life jacket sebanyak 1.500 buah.

Pejabat BUMN hadir di Ambon untuk menyerahkan bantuan yakni Dirut Jasa Raharja Budi Rahardjo, Dirut ASDP Ira Puspadewi, Dirut Pelni Insan Purwarisya L Tobing, dan Dirut Pelindo IV Farid Padang. Sementara BNI diwakilkan Direktur Bisnis Ritel Tambok P Setiawati.
Baca juga: Asabri via sinergi BUMN berbagi kasih di Waingapu
Baca juga: Tiga BUMN berbagi kasih di Palangka Raya

 

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut
Editor: Royke Sinaga
Copyright © ANTARA 2018