counter

Dirut KAI sebut Jumat ini puncak arus mudik Natal-Tahun Baru

Dirut KAI sebut  Jumat ini puncak arus mudik Natal-Tahun Baru

Pemudik bersiap menaiki Kereta Api di Stasiun Banyuwangi Baru, Banyuwangi, Jawa Timur, Jumat (21/12). PT KAI Daop 9 Jember memprediksi, jumlah penumpang selama masa angkutan natal dan tahun baru di wilayah Daop 9 meningkat sekitar tiga persen dibanding periode tahun lalu sebanyak 146.176. (ANTARA FOTO/Budi Candra Setya/aww. (ANTARA FOTO/BUDI CANDRA SETYA)

Cirebon  (ANTARA News) - Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (KAI) Edi Sukmoro mengatakan pada Jumat (21/12) ini sudah memasuki puncak arus mudik libur Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 bagi pengguna jasa kereta.

"Mulai kemarin (20/12) penumpang sudah bergerak naik hampir semuanya dan hari ini (21/12) merupakan angka yang tertinggi," katanya di Cirebon, Jumat.

Ia menambahkan, untuk mengetahui puncak arus mudik Natal dan Tahun Baru pada angkutan kereta api, terlihat dari tempat duduk yang terjual. 

Sejak beberapa hari terakhir tempat duduk sudah mulai habis dipesan, ujarnya.

Data terakhir yang dimilikinya, saat ini tempat duduk yang sudah terjual itu di kisaran 73 persen untuk semua kereta, baik jarak jauh maupun menengah.

Dia mencontohkan untuk hari biasa keberangkatan penumpang dari Stasiun Pasar Senen berkisar 15 hingga 16 ribu per hari, namun saat ini sudah hampir 25.000 orang.

"Yang biasa hanya 16 ribu penumpang di Stasiun Senen sekarang sudah mencapai 24.900, kalau puncak itu mana kala tempat duduk terjual habis," tambahnya.

"Dan saat ini baik untuk mudik maupun balik, kami mencatat sudah 73 persen yang terjual," lanjutnya.

Sementara untuk prediksi peningkatan pengguna jasa kereta api atau penumpang pada masa angkutan Natal dan Tahun Baru 2018 diperkirakan mencapai 4 persen dibanding tahun lalu.

"Prediksi kami dengan jumlah tempat duduk yang sudah disediakan naik 4 persen, dari tahun sebelumnya 51 ribu. Saat ini disediakan 53 ribu," katanya.

Baca juga: Menhub nilai KAI siap hadapi liburan Natal-Tahun Baru 2019
Baca juga: KAI proyeksikan volume angkutan Natal 1,2 juta penumpang
 

Pewarta: Khaerul Izan
Editor: Dewanti Lestari
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Puncak arus balik H+3 dan H+4 Lebaran

Komentar