Jakarta (ANTARA News) - Bintang Liverpool, Mohamed Salah, mencetak satu gol dan mengirimkan satu assist kala membantu Liverpool menjinakkan tuan rumah Wolverhampton dan menang 2-0 di Stadion Molineux, Wolverhamtpon, Inggris, untuk laga pekan ke-18 Liga Inggris, Sabtu pagi WIB.

Tambahan tiga poin dari Molineux memastikan tim besutan Juergen Klopp itu bertahan di puncak klasemen dengan raihan 48 poin, sedangkan Wolverhampton (25) terancam melorot dari urutan ketujuh, demikian catatan pertandingan laman resmi Liga Inggris.

Liverpool setidaknya akan bertahan di puncak hingga laga boxing day, kala mereka menghadapi Newcastle United karena kini berjarak empat poin dari Manchester City di urutan kedua.

City baru akan melakoni laga pekan ke-18 mereka pada Sabtu malam WIB menjamu Crystal Palace.

Salah membuka keunggulan Liverpool pada menit ke-18 saat ia menyambut umpan tarik kiriman Fabinho, menyusul situasi tendangan bebas yang tak mampu disapu sempurna oleh barisan pertahanan Wolverhampton.

Gol itu sekaligus mengubur awal permainan yang baik dari tuan rumah yang memperoleh dua peluang sebelum gol tersebut, lewat Raul Jimenez dan Raomain Saiss.

Kendati tertinggal Wolverhampton terus berupaya membangun serangan untuk mencetak gol balasan, namun Virgil van Dijk tampil prima mengomandoi barisan pertahanan Liverpool untuk meredam gempuran yang tiba.

Liverpool harus kehilangan Naby Keita yang meninggalkan lapangan dalam keadaan kesakitan pada menit ke-58 demi digantikan Adam Lallana.

Van Dijk akhirnya menggandakan keunggulan Liverpool pada menit ke-68 saat ia melakukan sontekan mudah di muka gawang menyambut bola kiriman Salah.

Gol itu berawal dari situasi sepak pojok, yang diterima oleh Andy Robertson di luar kotak penalti dan berusaha dilepaskan dengan umpan silang namun sapuan Ryan Bennett menyambut datangnya bola hanya bisa sejauh Salah yang kemudian melepaskan assist demi gol Van Dijk.

Dua menit jelang waktu normal usai tuan rumah sempat memperoleh peluang untuk mencetak gol balasan ketika umpan silan Ruben Vinagre tak diantisipasi sempurna oleh Robertson, namun bola yang jatuh di kaki Morgan Gibbs-White diselesaikan dengan melenceng kendati ia sudah di muka gawang.

Baca juga: Klopp akhirnya akui Liverpool agak kekurangan pilihan di lini belakang

Susunan pemain seturut laman resmi Liga Inggris:

Wolverhampton (3-4-1-2): Rui Patricio; Ryan Bennett, Conor Coady, Willy Boly; Matt Doherty, Romain Saiss, Ruben Neves, Jonny Castro (Ruben Vinagre); Joao Moutinho (Morgan Gibbs-White); Adama Traore (Ivan Cavaleiro), Raul Jimenez
Pelatih: Nuno Espirito Santo

Liverpool (4-2-3-1): Alisson; James Milner, Dejan Lovren, Virgil van Dijk, Andy Robertson; Jordan Henderson, Fabinho; Sadio Mane (Nathaniel Clyne), Roberto Firmino (Georginio Wijnaldum), Naby Keita (Adam Lallana); Mohamed Salah
Pelatih: Juergen Klopp

Baca juga: Soal kemenangan Liverpool, Shaqiri arahkan telunjuk ke statistik

Pewarta: ANTARA
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2018