Jakarta (ANTARA News) - Akhir tahun merupakan salah satu momen berlibur bersama keluarga atau sahabat, untuk melakukan perjalan jauh atau sekadar mengunjungi kerabat terdekat. 

Saat ini, berkendara dengan mobil masih menjadi salah satu pilihan bagi sebagian orang sebagai sarana transportasi menuju tempat tujuan.

Menanggapi hal tersebut, Chevrolet Indonesia menghadirkan beberapa tips yang harus diperhatikan agar perjalanan Anda semakin menyenangkan dan lebih aman.

"Keselamatan senantiasa menjadi prioritas utama bagi Chevrolet. Di bulan Desember, curah hujan di sebagian besar wilayah di Indonesia, biasanya tinggi dan hal ini menyebabkan jalanan terkadang menjadi licin, tergenang, bahkan banjir," kata Yuniadi Haksono Hartono, External Affairs & Communications Director GM Indonesia, dalam keterangan tertulisnya, dikutip Sabtu.

"Kami menyarankan untuk memastikan mobil dalam keadaan siap dan aman saat digunakan di musim hujan," katanya.

Berikut adalah beberapa tips berkendara dengan aman:

1. Rencanakan rute perjalanan


Dengan merencanakan rute, Anda dapat menghindari jalur yang macet atau tidak bisa dilalui akibat tergenang air. Cara ini juga membuat Anda tidak  tersesat di jalan.

Jika Anda melakukan perjalanan bersama keluarga, manfaatkan fitur Mylink yang tersemat di Chevrolet Trailblazer dan Trax serta gunakan peta digital google atau waze.

2. Selalu pakai sabuk pengaman

Kenakan sabuk pengaman Anda setiap saat, terlepas dari apakah berpergian antarkota atau di dalam kota.

Bahkan Anda harus tetap mengenakan sabuk pengaman kendati hanya melakukan perjalanan jarak dekat demi terjaganya keselamatan Anda.

 3. Kursi untuk anak

Gunakan kursi keselamatan anak (car seat) untuk bayi dan anak kecil. Menempatkan anak di pangkuan atau memakaikan sabuk pengaman orang dewasa kepada anak-anak dapat membahayakan jiwa karena bisa terlepas saat terjadi rem mendadak.

4. Lampu

Gunakan lampu kendaraan pada saat yang tepat. Selalu gunakan lampu sein ketika akan berbelok dan jangan menyalakan lampu sorot tinggi kecuali diperlukan.

Gunakan lampu hazard hanya pada kondisi darurat dan hindari penggunaan yang bukan pada tempatnya (nyalakan lampu besar pada saat hujan atau di dalam terowongan, bukan lampu hazard).

5. Bugar

Pastikan Anda berkendara dalam kondisi fit, serta memiliki istrirahat yang cukup atau tidur terlebih dahulu. Berhentilah setiap 2 jam untuk beristirahat dan lakukan senam ringan. 

Aktifkan fitur Lane Departure Warning yang terdapat pada Trailblazer untuk memastikan Anda tidak berpindah jalur tanpa sengaja saat mengemudi di jalan tol. 

Menurut National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA), risiko kecelakaan dari berkendara saat mengantuk dinilai setara dengan risiko yang dihadapi pengendara saat mabuk akibat alkohol.

 6. Siaga

Selalu siaga dalam menghadapi kejadian tidak terduga. Berhati-hati terhadap mobil yang diparkir di sepanjang sisi jalan atau sepeda motor dan pejalan kaki yang tiba-tiba bergerak ke arah jalan raya.

7. Kenali Cuaca

Waspadai cuaca, terutama di bulan Desember dengan potensi curah hujan yang semakin tinggi. Tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan hujan seperti banjir, tanah longsor, genangan, angin kencang, pohon tumbang dan jalan licin.

 8. Batasi kecepatan

Amati batas kecepatan, berikan waktu yang cukup untuk sampai ke tujuan Anda dengan tepat. Berkendaralah dengan kecepatan yang normal dan hindari menyalip saat melintasi jalur untuk melewati kendaraan lain dalam perjalanan.

 9. Perlengkapan darurat

Bawa perlengkapan-perlengkapan  untuk kondisi darurat , seperti kotak P3K, dongkrak, ban cadangan, lampu cadangan, senter, kunci-kunci atau tool kit lainnya sebagai tindakan antisipasi selama perjalanan.

10. Hiburan hingga makanan ringan

Perjalanan saat libur panjang sangat menguras tenaga dan emosi karena kemacetan lalu lintas dan memakan waktu hingga berjam-jam.

Pastikan perjalanan Anda tetap terhibur dengan games atau musik. Sediakan juga makanan ringan dan minuman yang cukup agar penumpang tak kelaparan, serta dehidrasi dalam perjalanan.
Pewarta:
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2018