Sukabumi (ANTARA News) - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno memborong berbagai macam produk usaha kecil menengah (UKM) hasil karya warga Desa Sukajaya, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

"Saya tadi melihat ke minimarket BUMNShop ternyata banyak produk UKM yang dibuat warga Desa Sukajaya, Kecamatan Sukabumi. Saya sengaja membeli beberapa jenis produk baik yang sudah langsung makan maupun mentahan," katanya saat meresmikan BUMNShop di Sukabumi, Sabtu.

Menurutnya, produk UKM yang dihasilkan warga di desa ini khususnya jenis kuliner banyak ragamnya dan rasanya pun enak serta cocok di lidah siapapun. Bahkan, di sekitar lokasi kantor desa dan minimarket BUMNShop pihak desa menyiapkan tempat untuk wisata kuliner.

Sehingga ini bisa menjadi daya tarik bagi pengunjung yang tidak hanya membeli produk kuliner untuk di makan di lokasi, tetapi ada banyak produk UKM lainnya yang bisa dibeli untuk dibawa pulang ke rumah maupun menjadi oleh-oleh.

Ia melanjutkan progam Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Terus Jaya Sehati Desa Sukajaya ini harus dicontoh oleh desa-desa lainnya yang ada di Indonesia, karena dengan mengembangkan, mempromosikan hingga memasarkan produk UKM asli warganya.

Sehingga perputaran uang yang ada di desa tidak keluar tetapi kembali lagi ke masyarakat untuk meningkatkan perekonomian dan kesejahteraannya. Maka dari itu, dirinya cukup banyak membeli produk UKM selain untuk dirinya sendiri juga dibagikan ke yang lain sehingga bisa diketahui banyak orang.

"Produk UKM ini harus terus dikembangkan seperti mulai dari desa ke desa hingga ke nasional. Kami harapkan desa-desa lain bisa seperti Desa Sukajaya karena Presiden RI Joko Widodo selalu menekankan agar Dana Desa jangan lari ke kota karena tidak adanya ketersediaan kebutuhan untuk masyarakat," tambahnya.

Sementara, Direktur Utama BUMDes Terus Jaya Sehati Desa Sukajaya Ati Nurhayati mengatakan di BUMNShop ini tersedia lengkap berbagai kebutuhan masyarakat yang mayoritas barangnya disuplai dari Bulog. Tidak hanya itu saja, di minimarket ini pun menjual seluruh produk UKM warga Sukajaya.

"Kami terus mengembangkan program ekonomi kerakyatan ini untuk membendung agar uang warga desa tidak lari ke kota, tetapi kami berupaya bisa menarik uang dari kota untuk berbelanja di sini sehingga keuntungannya tidak hanya bagi desa saja tetapi masyarakat di sini," katanya.

Pewarta: Aditia Aulia Rohman
Editor: Royke Sinaga
Copyright © ANTARA 2018