Jakarta (ANTARA News) - Ketua DPP PKB Abdul Kadir Karding mengatakan gitaris band Seventeen Herman Sikumbang memiliki misi khusus saat memutuskan mencalonkan diri menjadi caleg.

"Dia ingin masuk Komisi 10 untuk memperjuangkan aturan perlindungan hak cipta dan memberdayakan pekerja seni. Dia ingin lagu-lagu tak mudah dibajak," kata Karding di kediamannya di kompleks DPR Kalibata, Jakarta Timur, Minggu malam.

Karding mengaku bahwa dirinyalah yang mendorong Herman menjadi caleg.

"Mas Herman ikut bergabung dengan tim saya sebagai sahabat sekitar empat tahun lalu. Dialah personel Seventeen yang pertama saya kenal. Sejak saat itu setiap kami di Jakarta kami selalu bersama. Bahkan keluarga kami sudah sangat dekat dan seperti keluarga sendiri," kata Karding.

Karding mengaku sangat sedih dengan kepergian Herman mengingat beberapa hari sebelumnya mereka masih bersama-sama.

"Kami betul-betul merasa terpukul karena beberapa hari lalu, sekitar dua minggu lalu saya masih minta dia isi acara di seminar motivasi para caleg dan tim caleg se-Dapil 6 di Magelang. Ternyata adik saya, sahabat saya Herman telah berpulang," kata Karding sambil menahan air mata.

"Herman paling dekat sama saya, ketika saya kesulitan dia nemani saya, dia ajari saya main gitar," kata Karding berlinang air mata.

Herman tewas terseret gelombang tsunami di Pantai Tanjung Lesung, Banten, Sabtu (22/12) ketika dia bersama band-nya tampil di acara  gathering karyawan PLN di Tanjung Lesung Beach Resort, Banten.

Jenazah Herman disemayamkan di rumah Ketua DPP PKB Abdul Kadir Karding di kompleks DPR Kalibata, Jakarta Timur sebelum diterbangkan ke Ternate, Maluku Utara nanti malam.

Baca juga: Firasat istri Herman "Seventeen"

Baca juga: Gitaris Seventeen yang tewas terseret tsunami adalah caleg PKB

Baca juga: Duka Ifan Seventeen setelah mengetahui gitaris dan kru meninggal

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2018