counter

Festival musik paling keren sepanjang 2018

Festival musik paling keren sepanjang 2018

Musisi dangdut Rhoma Irama bersama Soneta beraksi saat tampil pada hari kedua Synchronize Fest 2018 di Gambir Expo, Kemayoran, Jakarta, Sabtu (6/10/2018). Synchronize Fest merupakan festival musik multi-genre tahunan berskala nasional yang berlangsung hingga Minggu 7 Oktober. ANTARA FOTO/Zarqoni maksum/pras.

Jakarta (ANTARA News) - Banyak momen indah terjadi di 2018 yang telah berakhir, di antaranya adalah perhelatan sejumlah festival musik yang telah meramaikan Indonesia sepanjang setahun terakhir ini.

Banyak musisi dari lokal dan mancanegara yang telah menghibur khalayak Indonesia melalui sejumlah festival musik dalam tahun ini. Berikut ini Antara merangkum deretan festival musik paling keren sepanjang tahun 2018.

Java Jazz Festival
 
Lauv dalam penampilannya di Java Jazz 2017 di JIEXPO Kemayoran Jakarta Pusat. (ANATAR News/Chairul Rohman)


Perhelatan Java Jazz Festival 2018 diadakan pada tanggal 2-4 Maret 2018 lalu di JIExpo Kemayoran, Jakarta. Musisi mancanegara, seperti Goo Goo Dolls, Daniel Caesar, dan Luv merupakan sederetan penapil yang sangat ditunggu pada Java Jazz Festival tahun ini.

Dari dalam negeri, sejumlah musisi yang turut meriahkan festival jazz terbesar di Asia Tenggara ini antara lain Andien, Maliq & D'Essentials, Java Jive, Glenn Fredly dan masih banyak lainnya.

Hammersonic
 
Penampilan panggung bang hardcore punk, H2O, pada festival musik cadas Hammersonic 2018 di Pantai Karnaval Ancol, Jakarta Utara, Minggu (22/7). (ANTARA News/Alviansyah P)


Hajatan terbesar bagi penikmat musik metal bertajuk Hammersonic Festival kembali hadir di tahun 2018 pada tanggal 22 Juli lalu bertempat di Pantai Karnaval Ancol, Jakarta. Nama grup band metal legendaris In Flames menjadi highlight dalam penyelenggaraan Hammersonic Festival tahun ini.

Dari dalam negeri, penampilan grup band punk Marjinal untuk pertama kalinya menjadi momen paling tidak bisa dilupakan dalam penyelenggaraan Hammersonic Festival 2018.

Selain itu, Hammersonic Festival 2018 diramaikan oleh penampilan Saint Loco, Dead Kennedys, Ihsahn, Brujeira dan masih banyak lainnya.

We The Fest 

Festival musik We The Fest berlangsung pada tanggal 20-22 Juli 2018 di JIExpo Kemayoran, Jakarta. Setiap tahunnya festival musik ini selalu memberikan kejutan dari jajaran line-up musisi yang tampil. We The Fest 2018 menampilkan Lorde hingga James Bay yang sukses memancing animo penonton.

Musisi lokal, seperti Efek Rumah Kaca, Seringai, GAC, Padi Reborn, Barasuara, hingga Pee Wee Gaskins juga turut meriahkan We The Fest 2018 yang menghadirkan tiga panggung berbeda.

Synchronize Fest
 
Grup Sheila On 7 beraksi membawakan sejumlah lagu hit nya saat tampil pada hari kedua Synchronize Fest 2018 di Gambir Expo, Kemayoran, Jakarta, Sabtu (6/10/2018). Synchronize Fest 2018 merupakan festival musik beragam aliran tahunan berskala nasional yang berlangsung hingga Minggu 7 Oktober. ANTARA FOTO/Zarqoni maksum/pras.


Selanjutnya ada festival musik multi genre bertajuk Synchronize Fest yang diadakan pada tanggal 5-7 Oktober 2018 lalu di Gambir Expo Kemayoran, Jakarta. Pada tahun ketiga penyelenggaraan, Synchronize Fest dimeriahkan oleh penampilan Rhoma Irama & Soneta Group.

Tak ketinggalan grup musik rock legendaris God Bless juga tampil untuk pertama kalinya di Synchronize Fest. Selain itu, ada pula penampilan dari Jamrud, Burgerkill, Sheila On 7, Padi Reborn, hingga Dewa 19 feat Ari Lasso & Once Mekel.

The 90's Festival
 
Boyband Blue tampil pada acara 90's Festival di JIEXPO Kemayoran, Jakarta, Sabtu (10/11/2018). Boyband asal Inggris tersebut membawakan lagu hitsnya seperti One Love, All Rise dan U Make Me Wanna. ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/pras.


Penikmat musik era 1990an kembali dimanjakan dengan kehadiran The 90's Festival yang diselenggarakan pada tanggal 10 November 2018 di Gambir Expo Kemayoran, Jakarta. The 90's Festival dimeriahkan penampilan boyband Blue dan The Moffatts Reunion.

Musisi keren dalam negeri juga tak kalah memberikan penampilan yang menarik, seperti Kidnap Katrina, Tic Band, Fatur & Nadila, Lingua, Padi Reborn, hingga Sheila On 7.

DWPX

Untuk pertama kalinya festival dance music Djakarta Warehouse Projects edisi ke-10 (DWPX) diadakan di luar Jakarta, tepatnya di Garuda Wisnu Kencana Cultural Park, Bali pada tanggal 7-9 Desember 2018 lalu.

DWPX mengahdirkan The Weekend yang menjadi highlight musisi yang tampil. Sederet nama DJ papan atas dunia, seperti Armin van Buuren, DJ Snake, Afrojack, Alesso, hingga Major Lazer tak ketinggalan turut memberikan hiburan bagi para penikmat pesta.

Baca juga: Konser musisi mancanegara paling mencuri perhatian di 2018
Baca juga: Eros Djarot, Chrisye dan Yockie Suryopranogo disatukan dalam satu konser

Pewarta: Yogi Rachman
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar