Jakarta (ANTARA News) - Pengadilan Distrik Tokyo pada Selasa mengabulkan jaminan untuk Mantan Perwakilan Nissan Motor Greg Kelly. Pengadilan mengatakan bahwa prospek kedepannya Kelly bisa dibebaskan sebelum Natal berakhir.

Jaminan Kelly ditetapkan sebesar 70 juta yen (635,612 dolar AS), kata pengadilan dalam sebuah pernyataan, dikutip Reuters, Selasa.

Kelly telah ditahan bersama dengan mantan Ketua Nissan Carlos Ghosn sejak penangkapan mereka pada 19 November karena dicurigai mengecilkan penghasilan Ghosn dalam laporan keuangan selama beberapa tahun.

Lembaga penyiaran publik NHK dan media lain yang pertama kali melaporkan bahwa pengadilan memberikan jaminan kepada Kelly. Keputusan itu berarti Kelly bisa dibebaskan dari penahanan paling cepat Selasa, kata NHK.

Jaksa dapat mengajukan banding atas keputusan pengadilan.

Pengadilan yang sama pada hari Minggu memperpanjang penahanan Ghosn selama 10 hari, menyusul tuduhan baru yang membuat Nissan memikul kerugian investasi pribadi.

Baca juga: Pengadilan Jepang memperpanjang masa tahan Ghosn

Ghosn ditangkap kembali pada hari Jumat (21/12) berdasarkan kecurigaan bahwa sekitar Oktober 2008 dia mengalihkan perdagangan pribadi ke Nissan untuk membuat Nissan bertanggungjawab atas 1,85 miliar yen (16,6 juta dolar AS) dalam kerugian penilaian, kata jaksa penuntut.

Baca juga: Ghosn diduga limpahkan kerugian investasi pribadi ke Nissan

Jaksa juga mengatakan Ghosn telah menyebabkan kerugian pada Nissan dengan menyetor total 14,7 juta dolar AS pada empat kesempatan antara Juni 2009 dan Maret 2012 ke dalam rekening bank terkait.

Perpanjangan penahanannya itu berarti Ghosn akan tetap berada di pusat penahanan utama Tokyo, tempat ia ditahan sejak penangkapannya pada November.

Baca juga: Ghosn ditangkap lagi, kemungkinan lewati Natal di tahanan

Baca juga: Nissan tunda umumkan calon pengganti Carlos Ghosn
Penerjemah: Fathur Rochman
Copyright © ANTARA 2018