counter

BPBD keluarkan peringatan dini bencana untuk Jakarta Timur-Jakarta Selatan

BPBD keluarkan peringatan dini bencana untuk Jakarta Timur-Jakarta Selatan

Ilustrasi awan tebal hitam menyelimuti langit. (ANTARA FOTO/Rahmad)

Jakarta (ANTARA News) - Rabu ini, Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi DKI Jakarta mengeluarkan peringatan dini antisipasi bencana akibat cuaca buruk di wilayah Jakarta Selatan dan Jakarta Timur.

Dalam siaran resminya, Pusat Data dan Informasi BPBD DKI Jakarta, di Jakarta, Rabu, menyatakan, agar masyarakat di wilayah Jakarta Selatan serta Jakarta Timur mewaspadai potensi dampak akibat hujan disertai petir yang diperkirakan turun mulai Rabu siang hingga sore hari. 

Potensi dampak akibat banjir disertai petir, di antaranya banjir, ataupun pohon tumbang yang berbahaya bagi pengendara atau pejalan kaki yang tengah melintas.

Walau demikian, catatan dari BMKG memperkirakan, fenomena cuaca itu hanya akan berlangsung dalam waktu singkat. 

Pasalnya, BMKG memperkirakan cuaca di lima kota dan satu kabupaten di DKI Jakarta, termasuk Jakarta Selatan dan Jakarta Timur, berawan sejak Rabu malam hingga Kamis dini hari. 

Hingga pukul 14.00 WIB, hanya satu wilayah di Kelurahan Kamal Muara, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara, yang terendam banjir setinggi 10 centimeter akibat rob atau pasang air laut. 

Sebagaimana disiarkan BPBD DKI Jakarta mengutip keterangan Kelurahan Kamal Muara, air mulai merendam kawasan RT003/04 pada pukul 13.49 WIB, Rabu. 

Walau demikian, BPBD DKI Jakarta melaporkan belum ada warga yang mengungsi akibat banjir tersebut. 

Baca juga: Drainase vertikal solusi banjir Jakarta?

Pewarta: Genta Mawangi
Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Gubernur DKI Jakarta apresiasi warga yang membangun drainase vertikal

Komentar