Jakarta  (ANTARA News) - Sebanyak 162 ribu orang mendaftarkan diri untuk menjadi petugas sukarelawan Olimpiade dan Paralimpiade Tokyo 2020, sementara yang akan direkrut nantinya sekitar 80 ribu orang, kata panitia.

Dari pendaftaran secara daring sejak September lalu dan berakhir pada 21 Desember 2018, seperti dikutip dari kantor berita Kyodo, tercatat ada 162 ribu orang yang berminat untuk menjadi sukarelawan pada pesta olahraga sejabat itu.

Sebanyak 60 persen dari pendaftar menyatakan siap untuk bekerja setidaknya selama 11 hari.

Para calon sukarelawan yang telah mendaftar itu juga bisa mengikuti voting untuk memilih nama sebutan bagi tim sukarelawan Olimpiade dan Paralimpiade 2020.

Ada tiga nama sebutan yang akan dipiih salah satu, yakni “Field Cast”, “Games Anchor” dan “Shining Blue”. 

Para sukarelawan nantinya akan ditugaskan di arena-arena pertandingan dan perkampungan atlet.

Sementara itu pemerintah kota metropolitan Tokyo juga membuka pendaftaran untuk calon sukarelawan yang sudah ditutup pada Jumat pekan lalu, dimana sudah ada 28.689 orang yang mendaftar.

Mereka akan bertugas untuk mendampingi delegasi asing di bandara, stasiun kereta, dan sejumlah tempat pariwisata utama. Pemerintah Kota Tokyo akan merekrut 20 ribu orang dari yang telah mendaftar, dan menerima tambahan 10 ribu orang dari petugas lokal.

 

Pewarta: Teguh Handoko
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2018