Perusahaan berkomitmen memberikan pengalaman terbaik kepada masyarakat dan pelanggan dalam menggunakan layanan, khususnya pada masa-masa padat trafik telekomunikasi seperti perayaan Natal 2018 ini
Jakarta (ANTARA News) - Jaringan telekomunikasi Indosat Ooredoo mampu melayani pelanggan dengan baik saat Natal pada Selasa, 25 Desember 2018, walaupun terjadi peningkatan trafik telekomunikasi secara signifikan, khususnya data.

"Perusahaan berkomitmen memberikan pengalaman terbaik kepada masyarakat dan pelanggan dalam menggunakan layanan, khususnya pada masa-masa padat trafik telekomunikasi seperti perayaan Natal 2018 ini," kata Group Head Corporate Communications Indosat Ooredoo Turina Farouk dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Rabu.

Selama masa perayaan Natal, jaringan telekomunikasi Indosat Ooredoo mencatat kenaikan trafik cukup signifikan, dimana pada tanggal 25 Desember 2018 trafik data meningkat menjadi 6.824 TeraBytes, meningkat sebesar 12,9 persen dibanding trafik hari biasa dan meningkat 74,2 persen dibanding trafik pada Natal tahun sebelumnya.

Sementara untuk trafik suara mengalami penurunan sebesar 14,86 persen dibandingkan trafik hari biasa, sedangkan trafik SMS naik sebesar 8,4 persen dibandingkan dengan trafik SMS hari biasa.

Sebelumnya, Indosat Ooredoo telah menyiapkan semua kapasitas layanan data, suara dan SMS untuk menyambut perayaan Natal dan Tahun Baru dalam rangka mengantisipasi peningkatan trafik yang biasa terjadi. Untuk kapasitas layanan data ditingkatkan menjadi 16.200 Terabyte per hari.

Layanan data saat ini menjadi kebutuhan utama aktivitas telekomunikasi masyarakat seiring dengan tren penggunaan media sosial dan aplikasi digital lainnya.

Sementara untuk kapasitas layanan suara ditingkatkan menjadi 2.249 juta menit per hari (atau 37,49 juta Erlang per hari), kapasitas SMS ditingkatkan menjadi 1,011 miliar SMS per hari dan kapasitas layanan data ditingkatkan menjadi 16.200 Terabyte per hari.

Masing-masing kapasitas tersebut disiapkan beberapa kali lipat dari prediksi kenaikan trafik yang kemungkinan terjadi dan cukup untuk mengantisipasi kenaikan trafik tersebut.

Semua kenaikan kapasitas tersebut juga didukung oleh 11.636 BTS secara nasional, sehingga diharapkan mampu melayani 64,1 juta pelanggan Indosat Ooredoo di seluruh Indonesia.

Baca juga: Hadapi libur Natal-Tahun Baru, Indosat tingkatkan kapasitas layanan
Baca juga: Indosat sediakan IM3 paket unlimited akses medsos tanpa kuota

Pewarta: Ahmad Wijaya
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2018