Untuk sementara, pendakian ke Gunung Semeru ditutup secara total mulai 3 Januari 2019, sampai dengan pemberitahuan selanjutnya
Malang (ANTARA News) - Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB-TNBTS) menutup total jalur pendakian ke Gunung Semeru di Jawa Timur mulai 3 Januari 2019 hingga waktu yang belum ditentukan atau sampai ada pemberitahuan lebih lanjut.

Kepala Balai Besar TNBTS John Kenedie di Malang, Rabu, mengatakan bahwa penutupan kegiatan pendakian tersebut diambil setelah memerhatikan kondisi cuaca yang cenderung semakin memburuk disertai dengan hujan lebat dan potensi adanya pohon tumbang yang dapat mengancam keselamatan pendaki dan pengunjung Gunung Semeru.

"Untuk sementara, pendakian ke Gunung Semeru ditutup secara total mulai 3 Januari 2019, sampai dengan pemberitahuan selanjutnya," katanya.

Dia mengatakan berdasarkan prakiraan cuaca pada periode Januari hingga April 2019 intensitas curah hujan yang cukup tinggi disertai angin kencang akan terjadi di kawasan Gunung Semeru.

Meskipun hingga saat ini belum ada laporan adanya pohon yang tumbang pada jalur-jalur pendakian di Gunung Semeru, langkah yang diambil Balai Besar TNBTS tersebut merupakan upaya antisipatif untuk menghindari kejadian pohon tumbang dan tanah longsor.

"Jadi penutupan pendakian ini lebih kepada upaya antisipasi dari kejadian seperti pohon tumbang dan longsoran. Langkah ini kita ambil sebelum hal itu terjadi dan menimbulkan korban," ujar John.

John menambahkan penutupan pendakian Gunung Semeru tersebut juga bertujuan untuk memulihkan dan merevitalisasi ekosistem di sepanjang jalur pendakian dalam upaya untuk menjaga dan memelihara keanekaragaman jenis tumbuhan dan satwa, termasuk ekosistem yang ada di Gunung Semeru.

Pemulihan ekosistem di Gunung Semeru, lanjutnya, bersifat alamiah setelah kurang lebih selama 8-9 bulan terdapat aktivitas pengunjung di dalam kawasan. Diharapkan, dalam proses pemulihan ekosistem tersebut bisa berjalan dengan baik, dengan adanya curah hujan yang tinggi.

Baca juga: TNBTS larang pendaki upacara di puncak Semeru
Baca juga: Basarnas Jember bantu evakuasi jenazah pendaki Semeru

Pewarta: Vicki Febrianto
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2018