Jakarta (ANTARA News) - Everton menggelar pesta gol di kandang Burnley di Stadion Turf Moor demi mengalahkan tuan rumah 5-1 dalam laga pekan ke-19 Liga Inggris, Rabu.

Bek kiri Everton, Lucas Digne, mencetak dua gol dalam kemenangan tersebut yang dilengkapi Yerry Mina, Gylfi Sigurdsson dan Richarlison, sedangkan tuan rumah hanya bisa membalas lewat Ben Gibson, demikian catatan pertandingan laman resmi Liga Inggris.

Hasil itu seolah menjadi pelampiasan atas kekalahan telak 2-6 melawan Tottenham Hotspur yang diderita Everton dalam pertandingan sebelumnya.

Tim besutan Marco Silva itu kini naik ke peringkat kedelapan klasemen dengan raihan 27 poin, sedangkan Burnley (12) belum beranjak dari zona degradasi tepatnya menempati urutan ke-18.

Everton tampil begitu meledak-ledak sejak tendangan mula dan bisa mengantongi keunggulan tiga gol saat pertandingan belum berjalan 30 menit.

Baca juga: Liverpool sikat Newcastle 4-0, mantapkan posisi puncak

Baru dua menit laga berlangsung, Mina langsung membawa Everton unggul lewat tandukannya menyambut umpan silang kiriman Bernard.

Lantas pada menit ke-13 Digne mengeksekusi tendangan bebas yang melengkung tak terjangkau upaya halauan kiper Joe Hart.

Sigurdsson kemudian menghadapi bola dengan tenang dari titik putih dan mencetak gol ketiga Everton pada menit ke-22 setelah Ben Mee didakwa menyentuh bola dengan tangan dalam duel udara melawan Mina dan Kurt Zouma.

Burnley sempat memperoleh gol balasan memanfaatkan situasi sepak pojok yang dilepaskan Ashley Westwood berhasil disambut tandukan James Tarkowski namun dihalau di garis gawang dan bola muntah jatuh di hadapan Gibson yang dengan mudah menaklukkan kiper Jordan Pickford demi mengubah kedudukan menjadi 1-3 pada menit ke-37.

Baca juga: Manchester City kalah lagi, terperosok di markas Leicester

Tuan rumah berusaha keluar dari tekanan pada babak kedua, namun peluang yang diperoleh Tarkowski di muka gawang pada menit ke-49 saat menyambut umpan silang Jeffrey Hendrick terbuang percuma begitu saja.

Sedangkan Sigurdsson juga gagal mencetak gol keduanya di laga tersebut saat memperoleh kesempatan menerima umpan kiriman Bernard dan bola tembakannya dihalau bek Charlie Taylor pada menit ke-65.

Akan tetapi, ketika mendapatkan peluang, Digne sukses mencetak gol keduanya bagi Everton saat menerima umpan pendek dalam situasi sepak pojok dan melepaskan tendangan mendatar dari jarak jauh yang lagi-lagi tak mampu dijangkau Hart. Skor menjadi 4-1 untuk Everton pada menit ke-71.

Richarlison yang baru masuk pada pertengahan babak kedua turut mencatatkan namanya di papan skor dalam masa injury time dengan menyelesaikan umpan terosobosan Sigurdsson demi memastikan kemenangan Everton menjadi 5-1.

Baca juga: Tottenham naik ke peringkat kedua usai gulung Bournemouth 5-0

Susunan pemain seturut laman resmi Liga Inggris:

Burnley (5-3-2): Joe Hart; Matthew Lowton, James Tarkowski, Ben Mee, Ben Gibson (Dwight McNeil), Charlie Taylor; Ashley Westwood, Jack Cork, Jeffrey Hendrick (Johann Gudmundsson); Sam Vokes (Christopher Wood), Ashley Barnes
Pelatih: Sean Dyche

Everton (3-4-2-1): Jordan Pickford; Yerry Mina, Michael Keane, Kurt Zouma; Seamus Coleman, Gylfi Sigurdsson, Andre Gomes (Idrissa Gueye), Lucas Digne; Theo Walcott, Bernard (Tom Davies); Dominci Calvert-Lewin (Richarlison)
Pelatih: Marco Silva

Baca juga: Sentuhan positif Solskjaer berlanjut, Manchester United bekap Huddersfield 3-1

Baca juga: Ditahan imbang Wolverhampton, Fulham tak kunjung menang lagi di bawah Ranieri

Pewarta: ANTARA
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2018