Jakarta (ANTARA News) - Arsenal harus puas dengan tambahan satu poin dari laga pekan ke-19 Liga Inggris lantaran ditahan imbang 1-1 oleh tuan rumah Brighton & Hove Albion di Stadion Amex, Brighton, Inggris, Kamis dini hari WIB.

Gol cepat Pierre-Emerick Aubameyang berhasil disamakan oleh Juergen Locadia untuk tuan rumah, demikian catatan pertandingan laman resmi Liga Inggris.

Tambahan satu poin memang mengangkat Arsenal ke peringkat keempat dengan raihan 38 poin, namun posisi mereka tak aman karena Chelsea (37) baru akan bermain menghadapi Watford (27) selepas laga di Amex rampung. Sementara itu, Brighton (22), yang tampil ngotot harus puas tertahan di urutan ke-13. 

Kendati mendominasi tak kurang dari 68 persen penguasaan bola, Arsenal seolah kesulitan untuk membangun serangan berbahaya terutama di babak kedua.

Baca juga: Liverpool sikat Newcastle 4-0, mantapkan posisi puncak

Baca juga: Manchester City kalah lagi, terperosok di markas Leicester


Gol pembuka keunggulan Arsenal tercipta pada saat pertandinga baru berjalan tujuh menit, ketika Alexandre Lacazette berhasil merebut bola dari penguasaan Leon Balogun di dalam kotak penalti lawan.

Lacazette lantas menemui jalan buntu dalam upayanya melepaskan tembakan sehingga menyodorkan bola kepada Aubameyang yang berdiri bebas untuk melepaskan tembakan ke sudut kanan atas tiang jauh tak terjangkau kiper Mathew Ryan.

Keadaan tertinggal tak membuat Brighton bermain bertahan, mereka memang jarang memiliki bola, tapi tiap kali mengendalikannya Davy Proepper dkk selalu berusaha mengancam gawang Arsenal.

Pada menit ke-24 bola berhasil disontek Glenn Murray melewati garis gawang dalam situasi kemelut, namun gol dianulir lantaran dalam prosesnya ia dinilai terlebih dulu melanggar kiper Bernd Leno kala merebut bola.

Baca juga: Tottenham naik ke peringkat kedua usai gulung Bournemouth 5-0

Baca juga: Sentuhan positif Solskjaer berlanjut, Manchester United bekap Huddersfield 3-1


Namun insiden itu belakangan terbukti hanya menjadi gol yang tertunda, karena pada menit ke-35 Locadia akhirnya menyamakan kedudukan menjadi 1-1.

Berawal dari keberhasilan mengantisipasi bola sepak pojok Arsenal, Proepper melepaskan umpan lambung ke tepian kotak penalti di mana Locadia sukses mengamankan bola dari upaya jegalan Leno yang meninggalkan sarangnya. Lantas Locadia melaju dan menyarangkan bola ke gawang yang sudah tak bertuan.

Pada babak kedua, Brighton kian agresif tiap kali menguasai bola, tercatat lima peluang berbahaya mereka ciptakan sedangkan Arsenal hanya dua kali.

Lima menit babak kedua berjalan, Bernardo sukses melewati jegalan tiga pemain Arsenal sebelum mengirimkan bola kepada Solomon March, sayang tembakan kaki kiri March masih bisa dihalau Leno.

Lantas Proepper memperoleh dua peluang, sayang tandukannya pada menit ke-53 menyambut umpan silang March melebar dan sepakannya usai menerima sodoran dari Lovadia berhasil dihalau barisan pertahanan Arsenal pada menit ke-59.

Kemudian pada menit ke-77, March berhasil melewati kawalan Granit Xhaka dan memancing Leno keluar dari sarangnya, sayang upayanya melepaskan tembakan lob masih terlalu tinggi di atas mistar gawang.

Locadia memperoleh peluang menambah golnya ketika menerima umpan dari March yang berhasil merebut bola dari pengendalian Lucas Torreira, namun sepakannya melenceng dari sasaran pada menit ke-80.

Di tengah tekanan itu, Arsenal hampir mencuri gol penentu kemenangan pada menit ke-84 saat bola sapuan March justru membentur kaki Alex Iwobi dan mengarah ke gawangnya sendiri, untungnya arahnya sedikit melenceng.

Skor 1-1 bertahan hingga wasit Anthony Taylor meniup peluit tanda laga usai.

Baca juga: Everton gelar pesta gol di kandang Burnley

Susunan pemain seturut laman resmi Liga Inggris:

Brighton & Hove Albion (4-5-1): Mathew Ryan; Martin Montoya, Shane Duffy, Leon Balogun, Bernardo; Solomon March, Pascal Gross, Dale Stephens, Davy Proepper, Juergen Locadia (Anthony Knockaert); Glenn Murray (Florin Andone)
Pelatih: Chris Hughton

Arsenal (4-1-2-1-2): Bernd Leno; Stephan Lichsteiner, Sokratis Papastathopoulos, Laurent Koscielny (Ainsley Maitland-Niles), Sead Kolasinac; Granit Xhaka; Lucas Torreira, Matteo Guendouzi; Mesut Oezil (Alex Iwobi); Pierre-Emerick Aubameyang, Alexandre Lacazette (Aaron Ramsey)
Pelatih: Unai Emery

Baca juga: Ditahan imbang Wolverhampton, Fulham tak kunjung menang lagi di bawah Ranieri

Pewarta: ANTARA
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2018