Jakarta (ANTARA News) - Mantan Direktur Perwakilan Nissan Motor Greg Kelly sedang berada di rumah sakit pada Rabu untuk menjalani pemeriksaan, kata sebuah sumber dilansir Reuters pada Rabu (26/12), sehari setelah ia dibebaskan dengan jaminan dari penjara Tokyo.

Kelly dibebaskan pada malam Natal setelah lebih dari sebulan ditahan. Dia dituduh berkonspirasi dengan mantan CEO Nissan Carlos Ghosn mengecilkan pendapatan Ghosn dalam laporan keuangan selama beberapa tahun.

Kelly keluar dari penjara setelah mengeluarkan uang jaminan sebesar 70 juta yen (640.000 dolar AS).

Penangkapan Kelly dan Ghosn pada 19 November menyentak industri mobil global dan telah memperkuat aliansi Nissan dengan produsen mobil Prancis Renault SA. 

Dewan Nissan pada bulan lalu telah memecat Ghosn sebagai presiden direktur dan Kelly sebagai direktur perwakilan, meskipun keduanya secara teknis masih tetap anggota dewan, yang posisinya hanya dapat dianulir oleh para pemegang saham.

Kelly diketahui menderita stenosis tulang belakang yang menyebabkan mati rasa, kesemutan dan rasa sakit di ekstremitasnya, menurut pesan video dari istrinya, Dee Kelly pada pekan lalu. Kondisi ini menekan bagian sumsum tulang belakang Kelly.

Gejala-gejala itu memburuk selama lima minggu terakhir di Pusat Penahanan Tokyo, kata istrinya, mengutip pengacara Kelly.

Kelly dijadwalkan menjalani operasi pada 7 Desember di Nashville, Tennessee, tetapi dirinya justru terbang ke Jepang pada bulan lalu setelah diberi tahu bahwa dia diperlukan secara langsung pada rapat dewan, kata Dee Kelly dalam video. Kelly ditangkap segera setelah kedatangannya.

Dalam kondisi bebas dengan jaminan, Kelly dilarang bepergian ke luar negeri dan kediamannya harus dibatasi di tempat yang ditentukan, Pengadilan Distrik Tokyo mengatakan. Pengacara mengatakan bahwa pengecualian perjalanan dapat dilakukan berdasarkan kasus per kasus.

Kelly keluar dari pusat penahanan sekitar pukul 10:45 malam waktu setempat dengan mengenakan jaket berwarna terang dan dibawa pergi dengan taksi hitam. Media Jepang menunjukkan cuplikan Kelly memasuki rumah sakit sekitar tengah malam.

Setelah dibebaskan dari penahanan, Kelly mengeluarkan pernyataan melalui pengacaranya yang mengatakan bahwa dia tidak memalsukan dokumen dan berharap untuk memulihkan kehormatannya di pengadilan. "Saya yakin kepolosan saya akan terungkap dalam persidangan," katanya.

Kelly juga mengatakan dalam pernyataannya bahwa dia ingin segera menemui dokter dan mendapatkan perawatan atau operasi yang semula dijadwalkan awal Desember.

Kantor pengacaranya, Yoichi Kitamura, tidak menanggapi permintaan untuk berkomentar.

Baca juga: Ada tuduhan baru terhadap Ghosn, menyangkut pembayaran kepada pengusaha Arab

Adapun Carlos Ghosn ditangkap kembali pada hari Jumat (21/12) berdasarkan kecurigaan bahwa sekitar Oktober 2008 dia mengalihkan urusan pribadi ke Nissan untuk membuat Nissan bertanggung jawab atas 1,85 miliar yen (16,6 juta dolar AS) dalam kerugian penilaian, kata jaksa penuntut.

Jaksa juga mengatakan Ghosn telah menyebabkan kerugian pada Nissan dengan menyetor total 14,7 juta dolar AS pada empat kesempatan antara Juni 2009 dan Maret 2012 ke dalam rekening bank terkait.

Ghosn mengatakan melalui pengacaranya bahwa ia tidak bersalah atas tuduhan itu. Dia akan tetap berada di pusat penahanan utama Tokyo hingga setidaknya 1 Januari, meskipun jaksa penuntut dapat meminta untuk memperpanjang penahanannya.

Seorang juru bicara Nissan mengatakan perusahaan tidak dalam posisi untuk mengomentari "episode" terbaru ini.

“Investigasi perusahaan sendiri mengungkap bukti pelanggaran yang substansial dan meyakinkan, menghasilkan suara dewan dengan suara bulat untuk memberhentikan Ghosn dan Kelly sebagai ketua dan direktur perwakilan. Investigasi kami sedang berlangsung, ”kata juru bicara beberapa waktu lalu.

Baca juga: Greg Kelly akan bebas setelah pengadilan Tokyo tolak permintaan jaksa

Baca juga: Pengadilan Tokyo kabulkan jaminan untuk Greg Kelly

 
Penerjemah: Fathur Rochman
Copyright © ANTARA 2018