Jakarta (ANTARA News) - Rekan sesama musisi sempat akan menggelar konser amal untuk membantu Dian Pramana Putra, yang kala itu tengah terbaring sakit di ICCU Rumah Sakit Hermina, Jakarta.

"Berbuat sesuatu untuk sahabat Dian Pramana Poetra yang sedang sakit dan terbaring di ICCU RS. Hermina Jatinegara," tulis penata musik Donny Hardono dalam unggahannya di Facebook, Rabu (26/12), yang disertai tautan video berisi informasi tentang konser amal untuk Dian Pramana Putra.

Konser amal itu sejatinya akan digelar pada Sabtu, 29 Desember 2018, di Dimsum Festival, Jalan Kemang 1 No. 28, Jakarta Selatan.

Sejumlah musisi direncanakan akan turut berpartisipasi, di antaranya Adie MS, Deddy Dhukun, Ita Purnamasari, Memes, Mus Mujiono, Trie Utami, Vina Panduwinata, Yopie Latul, dan pengamat musik Bens Leo.

Diwartakan sebelumnya bahwa musisi Dian Pramana Putra meninggal dunia pada Kamis, sekitar pukul 20.50 WIB, setelah berjuang melawan penyakit kanker darah yang dideritanya.

Kabar meninggalnya musisi berusia 57 tahun tersebut beredar melalui pesan singkat yang diterima oleh awak media.

"Innalilahi wa inna ilaihi rojiun, telah meninggal dunia salah satu musisi Indonesia Dian Pramana Putra bin Hadi Suwito pada hari ini 27/12/2018 ; jam 20.50 WIB," bunyi pesan singkat tersebut.

Kabar meninggalnya Dian Pramana Putra dibenarkan oleh sahabatnya sekaligus rekan duet dalam duo grup 2D, Deddy Dhukun.

Deddy mengatakan sahabatnya itu meninggal di rumahnya, usai sebelumnya dirawat di rumah sakit.

"Tadi dia minta pulang ke rumah. Harusnya enggak boleh pulang kan, masih diinfus (tapi) dia minta pulang. Akhirnya keluarganya mengiyakan dia pulang. Sampai rumah jam 08.00 WIB lewat meninggal. Ternyata dia memang jalannya begitu," kata Deddy saat dihubungi via saluran telepon oleh awak media.

Deddy menambahkan, sebelum meninggal, sahabatnya itu sempat menangis dipelukannya dan mengucapkan terima kasih atas bantuan yang telah dia berikan kepada musisi kelahiran Medan, 2 April 1961 itu.

"Tadi waktu saya besuk dia, saya peluk dia, dia nangis, dia bilang terima kasih om Deddy banyak bantu saya. Nangis dia," kata Deddy.

Saat ini jenazah Dian Pramana Putra tengah disemayamkan di rumah duka, jalan Tebet Barat VI H no 3, Tebet, Jakarta Selatan.

Nama Dian Pramana Putra melambung di era 80an setelah dirinya bersama Deddy Dhukun membentuk duo grup 2D. Sepanjang perjalanan karirnya, 2D telah menelurkan empat album, yakni "Keraguan", "Masih Ada," "Sebelum Aku Pergi", dan "Peluklah Diriku".

Sebelumnya Dian juga pernah membentuk trio bernama K3S, bersama Deddy Dhukun dan Bagus A. Ariyanto.

Baca juga: Musisi Dian Pramana Putra meninggal dunia

Baca juga: Deddy Dhukun ungkap kondisi kesehatan Dian Pramana Poetra

Baca juga: Dian Pramana Poetra bangga duet bersama Elfa's Singers

Pewarta: Fathur Rochman
Editor: Subagyo
Copyright © ANTARA 2018