Jakarta (ANTARA News) - Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta akan mengerahkan 6.800 personel Satuan Tugas Kebersihan pada malam Tahun Baru 2019 untuk memastikan seluruh wilayahnya bersih dari sampah pada hari pertama tahun baru, Selasa (1/1).

"Kami kerahkan 6.800 petugas kebersihan. Petugas ini terdiri dari supir truk sampah, kru dan regu comot," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Isnawa Adji, Jumat.

Dinas Lingkungan Hidup mengerahkan petugas Unit Pengelola Kebersihan (UPK) Badan Air dan Petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) kelurahan untuk mendukung pembersihan sampah malam pergantian tahun.

Para petugas kebersihan akan membersihkan sampah mulai pukul 00.30 WIB dengan target sebelum pukul 06.00 WIB seluruh sampah sudah terangkut.

"Ketika puncak pergantian tahun terlewati dan acara utama selesai, petugas kami yang dikenal sebagai Pasukan Oranye langsung bergerak di setiap titik lokasi perayaan," kata Isnawa.

Dia berharap warga dan para pedagang kaki lima mendukung kerja petugas kebersihan dengan segera meninggalkan bahu jalan begitu acara puncak perayaan menyambut tahun baru usai.

"Ini yang biasanya menghambat petugas dalam pembersihan wilayah. Kita telah berkordinasi dengan Dinas Perhubungan untuk menertibkan parkir liar dan dengan Satpol PP untuk menertibkan PKL," kata Isnawa.

Baca juga: Pemda DKI siapkan ratusan kendaraan tangani kebersihan
 

Pewarta: Susylo Asmalyah
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2018