Pemerintah sudah mengoperasikan tol laut dari barat ke timur dan 90 persen dari kebutuhan pokok yang dibutuhkan di Indonesia Timur didistribusi dari Surabaya
Jakarta (ANTARA News) - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengungkapkan program tol laut dapat membangkitkan ekonomi kerakyatan di Indonesia Timur.

"Saat ini momentum untuk membangkitkan ekonomi kerakyatan khususnya di Indonesia wilayah timur melalui program pemerintah yaitu tol laut," ujar Menhub di Jakarta, Jumat.

Hal tersebut diungkapkan Budi saat menerima kunjungan delegasi Panitia Hari Pers Nasional (HPN) 2019 yang dipimpin penanggungjawab kegiatan, Margiono. Mengangkat tema "Pers Menguatkan Ekonomi Kerakyatan Berbasis Digital", HPN 2019 menjadikan Kota Surabaya di Jawa Timur sebagai tuan tumah.

Dia lebih lanjut menjelaskan bahwa  program tol laut berperan cukup vital bagi perekonomian di Indonesia Timur saat ini, salah satunya adalah memangkas biaya distribusi untuk menekan harga jual di masyarakat.

"Saat ini Pemerintah sudah mengoperasikan tol laut dari barat ke timur dan 90 persen dari kebutuhan pokok yang dibutuhkan di Indonesia Timur didistribusi dari Surabaya," tuturnya.

Kendati demikian, penyaluran distribusi masih berjalan satu arah dalam artian komoditas dari timur belum banyak dikirim ke wilayah barat. Padahal, pemerintah sudah menyiapkan subsidi untuk tol laut.

"Kami berharap masyarakat dari Timur Indonesia bisa memanfaatkan angkutan yang bersubdi ini. Silahkan para pengusaha dari timur untuk membawa komoditasnya untuk dijual via Surabaya," katanya.

Menhub juga mengatakan bahwa nanti akan ada aplikasi khusus yang dibuat oleh PT Telkom. Lewat aplikasi tersebut, masyarakat bisa mengetahui barang-barang apa saja yang akan datang ke daerahnya.

"Dengan keterbukaan informasi ini, diharapkan masyarakat bisa mendapatkan barang-barang secara langsung, tidak melalui perantara. Sehingga pemerataan perekonomian akan terjadi," kata Budi.

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Royke Sinaga
Copyright © ANTARA 2018