Jakarta, 28/12 (ANTARA News) - Cyronium, cryptocurrency asal Indonesia, berencana merilis marketplace digital khusus Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di bulan Januari 2019. 

    "Marketplace ini akan menghadirkan ribuan produk UKM Indonesia dari berbagai kategori. Ditunjang dengan teknologi canggih, pembeli dan penjual nantinya bisa mengakses marketplace Cyronium dari aplikasi smartphone ataupun melalui website," ujar CEO Cyronium Mardigu Wowiek Prasantyo dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat.

    Ia mengatakan usaha menghadirkan marketplace khusus UKM ini sejalan dengan visi Cyronium, yaitu program pemberdayaan UKM Indonesia. 

    Tujuan utama dalam program ini adalah membina UKM menjadi bidang usaha yang kuat, dengan target akhir peningkatan omzet. 

   Sejauh ini, lanjut Mardigu, sudah ada 18 usaha yang bergabung dengan program Scale-Up UKM Cyronium, dan beberapa di antaranya sudah berhasil meningkatkan omzetnya secara drastis dan keluar dari zona UKM. 

    Ia mengatakan Marketplace Cyronium diciptakan untuk memperluas jangkauan program Scale-Up yang sudah dilakukan.

    "Aplikasi yang masuk ke program Scale Up Cyronium mencapai angka 10.000 UKM. Aplikasi yang masuk jauh lebih banyak dari jumlah tim Scale-Up. Oleh karena itu, untuk menjembatani tingginya minat dan ketersediaan tim, kami menciptakan Marketplace Cyronium," ujar Manajer Program Scale Up Cyronium Puri Candraditya.

    Marketplace ini diharapkan bisa mengakselerasi proses Scale Up UKM. Karena UKM nantinya bisa mengunggah sendiri produk-produknya di marketplace, proses Scale Up akan menjadi lebih mudah dan cepat. 

    Sementara itu, Tim Cyronium akan fokus di pemasaran produk dan branding UKM yang ada di dalam marketplace.

    Marketplace Cyronium ini nantinya akan fokus untuk mengangkat produk UKM sebagai merk dagang yang bisa diterima masyarakat. 

    "Akan dihadirkan cerita-cerita inspiratif di balik berdirinya UKM, penjabaran produk secara detail, serta keuntungan yang bisa diperoleh masyarakat ketika menggunakan produk UKM tersebut," kata dia.

    Saat ini, marketplace Cyronium berada dalam tahap beta-testing. Nama UKM sendiri juga akan ditentukan oleh komunitas UKM dengan metode voting. Tim pengembang project marketplace ini memperkirakan marketplace akan siap difungsikan di bulan Januari 2019.***3***

A063/

Pewarta: Azis Kurmala
Editor: Royke Sinaga
Copyright © ANTARA 2018