Jakarta (ANTARA News) -Transjakarta akan menambah jumlah bus yang beroperasi di koridor 1 (Blok M-Kota), 5 (Ancol-Kampung Melayu), dan 7 (Kampung Rambutan-Ancol) pada liburan akhir tahun.

Berdasarkan keterangan dari Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Pemprov DKI Jakarta, Sabtu, TransJakarta akan menambah 126 bus angkutan malam hari pada malam pergantian tahun baru. 

Rencana ini untuk mengantisipasi kenaikan jumlah pelanggan Transjakarta. Informasi akses menuju lokasi wisata dengan Bus TransJakarta bisa diperoleh melalui aplikasi www.trafi.com/id/jakarta.

Adapun bagi masyarakat yang ingin berkeliling kota Jakarta dapat memanfaatkan layanan bus tingkat secara cuma-cuma. Terdapat tujuh layanan, yaitu:

1. History of Jakarta (BW1) dengan rute Juanda-Monas-Balai Kota-Museum Nasional, Gedung Arsip-Museum Bank Indonesia-BNI 46-Pasar Baru-Juanda;
2. Jakarta Modern (BW2) mulai dari Juanda-Monas-Balai Kota- Sarinah–Plaza Indonesia-Sarinah-Museum Nasional-Pecenongan-Pasar Baru-Juanda;
3. Art and Culinary (BW3) memiliki rute Balai Kota-Sarinah-Plaza Indonesia-Harmoni-Gedung Arsip, Museum Bank Indonesia-BNI 46-Sawah Besar-Pecenongan-Juanda-Monas-Balai Kota;
4. Jakarta Skyscrapers (BW4) dengan layanan Juanda-Monas-Balai Kota-Sarinah-Tosari-Dukuh Atas-Karet Sudirman-Bundaran Senayan-Gelora Bung Karno-Dukuh Atas-Plaza Indonesia-Museum Nasional-Pecenongan-Pasar Baru-Juanda;
5. RPTRA Kalijodo (BW5) dari Balai Kota-Sarinah-Tosari, RPTRA Kalijodo-Tosari-Plaza Indonesia-Sarinah-Balaikota;
6.  Makam Mbah Priok (BW6) melayani Juanda-Monas-Balai Kota-Sarinah-Tosari-Makam Mbah Priok;
7. Jakarta Shopping (BW7) dengan layanan dari Balai Kota-Sarinah-Tosari-Dukuh Atas-Gelora Bung Karno-Plaza Senayan-Senayan City-Gelora Bung Karno-Dukuh Atas-Tosari-Grand Indonesia-Sarinah-Balai Kota.

Dinas Perhubungan DKI Jakarta juga telah membuat perencanaan lokasi-lokasi kantong parkir dalam rangka acara Malam Pergantian Tahun Baru 2019.  
 
Serta mengimbau kepada para pengguna jalan agar menghindari ruas jalan yang ditutup, menyesuaikan pengaturan lalu lintas yang ditetapkan, mematuhi rambu – rambu lalu lintas, dan petunjuk petugas di lapangan serta mengutamakan keselamatan di jalan.

Baca juga: Beberapa ruas jalan Jakarta ditutup jelang pergantian tahun

Baca juga: DKI gelar panggung dan nikah massal di malam Tahun Baru

Baca juga: Polda Metro Jaya kerahkan 20.000 anggota amankan Tahun Baru

 

Pewarta: Susylo Asmalyah
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2018