counter

Gelombang empat meter perairan Talaud-Sulut perlu diwaspadai

Gelombang empat meter perairan Talaud-Sulut perlu diwaspadai

Pembangunan Talud Pulau Miangas Pekerja dengan menggunakan alat berat melakukan pembuatan talud di Miangas, Talaud, Sulut, Senin (28/9). Pembangunan talud sepanjang garis pantai itu untuk mengantisipasi terjadinya abrasi pantai Pulau Miangas. (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)

BMKG telah mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi, makanya masyarakat diharapkan berhati-hati
Manado,  (ANTARA News) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) berharap masyarakat mewaspadai gelombang setinggi empat meter yang berpeluang terjadi di perairan Kabupaten Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara, Senin.

"BMKG telah mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi, makanya masyarakat diharapkan berhati-hati," kata Kepala Seksi Observasi dan Informasi Stasiun Meteorologi Maritim Kelas II Bitung, Daniel Aror, di Manado.

Tidak hanya itu, masyarakat juga diharapkan mewaspadai gelombang laut setinggi 1,25 - 2,5 meter yang diperkirakan terjadi di sejumlah perairan, seperti Laut Sulawesi bagian timur, perairan Kabupaten Kepulauan Sangihe, perairan timur Bitung, dan Laut Maluku.

Selanjutnya, tinggi gelombang 1,0 - 2,0 meter berpeluang terjadi di wilayah laut Sulawesi.

BMKG juga memperkirakan hujan ringan terjadi di Kota Manado, Bitung, Tomohon, Kotamobagu, Airmadidi (Kabupaten Minahasa Utara), Tondano (Kabupaten Minahasa), Amurang (Kabupaten Minahasa Selatan), serta Ratahan (Kabupaten Minahasa Tenggara).

Selanjutnya, Lolak (Kabupaten Bolaang Mongondow), Boroko (Kabupaten Bolaang Mongondow Utara), Ondong Siau (Kabupaten Kepulauan Sitaro), Tahuna (Kabupaten Kepulauan Sangihe), Melonguane dan Miangas (Kabupaten Kepulauan Talaud).

Hujan lebat diperkirakan terjadi di Molibagu (Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan) dan Tutuyan (Kabupaten Bolaang Mongondow Timur).

Kecepatan angin permukaan 10-40 kilometer per jam dari barat laut-timur laut.

Masyarakat juga diharapkan mewaspadai potensi hujan lebat disertai petir di wilayah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur dan Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, demikian Daniel Aror.

Baca juga: Hujan lebat, angin kencang diperkirakan melanda Kepulauan Talaud

Pewarta: Karel Alexander Polakitan
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2018

BMKG: Juli 2019 bulan terpanas dalam 100 tahun terakhir

Komentar