Polisi siapkan pengalihan arus kendaraan di Gerbang Tol Pasteur

Polisi siapkan pengalihan arus kendaraan di Gerbang Tol Pasteur

Dokumentasi - Ribuan kendaraan terjebak kemacetan di gerbang keluar tol Pasteur, Bandung, Jawa Barat, Sabtu (23/12/2017). (ANTARA /Raisan Al Farisi)

Bandung (ANTARA News) - Polrestabes Bandung akan menyiapkan skema pengalihan arus di gerbang Tol Pasteur apabila terjadi antrean panjang kendaraan yang masuk ke Kota Bandung, Jabar jelang malam pergantian tahun.

"Khususnya akan keluar ke arah Bandung, kami lakukan penyekatan di dalam tol dan diarahkan ke gerbang tol lainnya seperti Pasirkoja, Buah Batu, dan lain-lain supaya rata keluarnya engga ada antrean di satu titik," ujar Kasatlantas Polrestabes Bandung, AKBP Agung Reza, Senin.

Polisi melalui patroli jalan raya (PJR) akan berkoordinasi dengan pihak tol terkait kemungkinan pengalihan arus apabila antrean di dalam tol sudah padat. Apalagi Pasteur sering menjadi titik kemacetan.

Pada malam tahun baru, biasanya kepadatan disebabkan karena ada titik kumpul di atas flyover yang akhirnya berimbas ke Pasteur maupun Dago. Pasalnya, warga sering berkumpul di tugu flyover Pasopati.

"Kalau mulai dari Pasteur sampai di Gasibu enggak terlalu ramai. Biasanya masyarakat kumpul di flyover itu," kata AKBP Agung.

Untuk mengurai itu, petugas juga telah menyiapkan dua peleton tim untuk menghalau massa agar tidak berkumpul di atas jembatan layang. Polisi pun akan dibantu Dinas Perhubungan, Satpol PP, dan TNI, untuk mobilisasi massa dari ujung flyover arah timur ke barat maupun sebaliknya.

"Makanya lakukan pagar betis untuk penghalauan sehingga tidak ada kendaraan berhenti di atas flyover," kata dia.

Selain jembatan layang Pasopati, Polisi juga akan memberlakukan rekayasa lalu lintas di area-area yang menjadi simpul kemacetan pada malam tahun baru.

AKBP Agung mengatakan rekayasa lalu lintas kendaraan antara lain akan dilakukan di area-area yang biasa menjadi pusat kumpul warga pada malam pergantian tahun seperti di Dago, Gasibu, Alun-alun Asia Afrika, Alun-alun Ujungberung, dan Flyover Pasopati.

"Pengalihan arus yang dilakukan pertama di depan Gedung Sate, dari arah Jalan Supratman kita alihkan ke arah Sentot, dari arah Dukomsel kita alihkan ke Cilamaya. Termasuk Asia Afrika akan lakukan penutupan saat kondisi masyarakat membludak di badan jalan," kata dia.

Baca juga: 20.112 kendaraan masuk Bandung melalui Gerbang Tol Pasteur

Baca juga: Petugas gerbang tol Pasteur lakukan jemput kartu

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Unggul Tri Ratomo
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Nyepi, pawai ogoh ogoh di Bali ditiadakan

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar