Jakarta (ANTARA News) - Jumlah pengunjung Taman Mini Indonesia Indah (TMII) selama dua pekan terakhir, yakni Pekan Libur Natal dan Tahun Baru 2019, mencapai sekitar 500 ribu orang, kata Kepala Humas TMII Jerry Lahama di Jakarta, Senin.

Jerry menyebutkan bahwa pihak TMII menargetkan jumlah pengunjung Taman Mini selama pekan Natal dan Tahun Baru dapat mencapai 450 ribu orang, dan target tersebut pun sudah terlampaui, di mana hingga Senin pagi (31/12) jumlah pengunjung TMII sudah mencapai sekitar 500 ribu orang.

"Target awal kami untuk liburan Natal dan Tahun Baru selama dua hingga tiga minggu ini bisa mencapai 450 ribu pengunjung, dan target itu sudah terlampaui dan tembus di angka 500 ribu pengunjung," ujarnya.

Menurut Jerry, pekan Libur Natal dan Tahun Baru di Taman Mini Indonesia Indah berlangsung mulai 15 Desember 2018 hingga 1 Januari 2019.

Dia menjelaskan, selama pekan libur Natal dan Tahun Baru 2019 yang telah dimulai di TMII sejak 15 Desember, berbagai acara mulai dari pertunjukan seni dan budaya ditampilkan setiap hari di tiga zona, yakni zona depan, tengah dan belakang.

Untuk zona depan, para pengunjung TMII bisa melihat berbagai pertunjukan kesenian tari tradisional, musik melayu, atraksi jajangkungan, sisingaan dan berbagai atraksi lainnya. Sementara itu, di zona tengah yang berada di anjungan daerah, pengunjung bisa melihat seluruh tari tradisional, berbagai potensi budaya serta kerajinan setiap daerah di Indonesia.

Untuk zona belakang, para pengunjung bisa melihat lokasi konservasi hewan dan tumbuh-tumbuhan. Di zona ini, para pengunjung dapat memperoleh informasi terkait dengan pelestarian flora dan fauna di taman reptil, taman burung dan dunia air tawar.

Selanjutnya, untuk perayaan menyambut tahun baru 2019 di TMII, pada pukul 00.00 WIB akan dilakukan pertunjukan kembang api, dan akan ada 6.422 tembakan kembang api yang dipusatkan di Pulau Kalimantan pada saat malam pergantian tahun.

Selain pertunjukan kembang api, TMII akan mengadakan pertunjukan wayang kulit semalam suntuk di titik Candi Bentar dan di tiga anjungan daerah, yaitu anjungan Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Yogyakarta.

Tidak hanya itu, para pengunjung TMII selama menunggu perayaan pergantian tahun juga akan dihibur dengan konser musik dangdut Monata yang dibawakan oleh para penyanyi dangdut ibukota yang akan tampil di panggung utama, yang terletak di dekat Museum Iptek TMII.

"Pokoknya kami berupaya menyajikan pertunjukan dan atraksi yang semenarik dan semeriah mungkin untuk menyambut tahun baru 2019," ucap Jerry. 

Pewarta: Yuni Arisandy Sinaga
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2018