Pada 2019 di Danau Sipin akan diselenggarakan perlombaan pacu perahu berskala internasional
Jambi  (ANTARA News) - Danau Sipin di Kecamatan Telanaipura, Kota Jambi ditargetkan menjadi tujuan wisata unggulan di kota itu, kata Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Jambi Fachrori Umar.

"Semoga pembangunan wisata Danau Sipin ini cepat diselesaikan baik dari pemerintah Provinsi Jambi maupun dari Pemerintah Kota Jambi,"  kata Fachrori usai mengeliling danau tersebut menggunakan perahu dalam rangka meninjau langsung pembangunan objek wisata Danau Sipin, Jambi, Senin.

Pada tahun 2019 di Danau Sipin akan diselenggarakan perlombaan pacu perahu berskala internasional sesuai   janji Menteri PUPR, kata dia.

Menurutnya, objek wisata Danau Sipin merupakan  potensi wisata yang menarik dikembangkan di tengah Kota Jambi yang diharapkan bisa meningkatkan perekonomian warga setempat.

Danau Sipin yang terletak  di Kecamatan Telanaipura dan Kecamatan Legok memliki panjang 4.500 meter dan lebar rata-rata sekitar 300 meter lebih dengan kedalaman 2-6 meter.

"Danau Sipin yang merupakan Danau yang terletak di tengah-tengah Kota Jambi bisa menjadi destinasi atau ikon wisata unggulan di Provinsi Jambi, asalkan kita kelola dengan indah dan rapi," ujar Fachrori.

Danau Sipin, lanjutnya, selain menjadi tempat menampung air yang berguna untuk mengantisipasi banjir bagi masyarakat Jambi, juga bisa digunakan sebagai tempat rekreasi warga yang sangat bagus.

"Danau Sipin ini jika dimaksimalkan dengan baik juga bisa digunakan untuk olahraga air, wisata air yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Jambi," katanya menjelaskan.

Fachrori menyatakan pembangunan objek wisata alam Danau Sipin itu dilakukan bersama-sama oleh Pemerintah Provinsi Jambi, Pemerintah Kota Jambi, dan Pemerintah Pusat.

Perpaduan danau dan kearifan lokal budaya masyarakat  menjadi daya tarik wisata Jambi, ujarnya.

Baca juga: Belasan ribu benih ikan jelawat dilepasliarkan di Danau Sipin
Baca juga: Jambi bangun jembatan di Danau Sipin

 

Pewarta: Syarif Abdullah dan Dodi Saputra
Editor: Dewanti Lestari
Copyright © ANTARA 2018