Vatican City (ANTARA News) - Juru bicara Vatikan beserta wakilnya pada Senin mengundurkan diri secara tiba-tiba, menurut suatu pernyataan resmi.

Pernyataan itu tidak menyebutkan alasan di balik pengunduran diri Greg Burke, warga Amerika, serta Paloma Garcia Ovejero, warga Spanyol.

Mereka mundur dua pekan setelah Paus Fransiskus mengangkat Andrea Tornielli, seorang wartawan Italia dan teman pribadinya, menjadi direktur editorial untuk seluruh urusan komunikasi Vatikan.

"Saya dan Paloma sudah mengundurkan diri, terhitung mulai 1 Januari. Pada masa peralihan menyangkut urusan komunikasi Vatikan ini, kami beranggapan bahwa, adalah yang terbaik jika Bapak Suci (Paus Fransiskus, red) dapat benar-benar bebas membentuk tim baru," cuit Burke.

Burke, 59 tahun, adalah seorang mantan wartawan berkedudukan di Roma untuk Fox News.

Ia bergabung dengan Vatikan pada 2012 sebagai penasihat Sekretariat Negara Vatikan dan kemudian menjadi juru bicara Vatikan pada 2016.

Burke merupakan anggota sebuah kelompok Katolik konservatif, Opus Dei.

Adapun Paloma Garcia Ovejero, 43, pernah menjadi wartawan jaringan radio Spanyol COPE. Ia merupakan salah satu perempuan yang memiliki jabatan tertinggi di Vatikan.

Vatikan mengatakan bahwa Alessandro Gisotti, seorang wartawan Italia yang diyakini memiliki hubungan dekat dengan Tornielli, akan ditunjuk sebagai juru bicara sementara.

Baca juga: Petinggi Vatikan tuduh penentang Paus lakukan pencemaran nama baik
Baca juga: Presiden Palestina bahas masalah Timur Tengah dengan Paus di Vatikan



Sumber: Reuters
Editor: Tia Mutiasari/Gusti Nur Cahya Aryani

Pewarta: Antara
Editor: Tia Mutiasari
Copyright © ANTARA 2018