Medan (ANTARA News) - Kepala Polda Sumatera Utara, Inspektur Jenderal Polisi Agus Andrianto, menegaskan, pada malam Tahun Baru 2019, Sumatera Utara dalam keadaan kondusif dan tidak ada gangguan keamanan.

"Pada detik-detik pergantian tahun tersebut, suasana keamanan di Kota Medan, dan beberapa daerah kabupaten/kota di Sumatera Utara (Sumut) aman dan terkendali," kata dia, saat meninjau pengamanan kegiatan doa bersama pada malam tahun baru, di Lapangan Benteng Medan, Senin malam (31/12).

Selain itu, menurut dia, rumah ibadah masjid, tempat-tempat lainnya, pada pergantian tahun baru, juga tidak ada gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas).

"Hal tersebut tercipta karena kesadaran masyarakat yang cukup tinggi untuk menjaga keamanan di wilayah hukum Sumatera Utara," ujar dia.

Ia menjelaskan, kamtibmas itu, tidak hanya tercipta di wilayah Polrestabes Medan, melainkan juga di Polres Deli Serdang, Polres Binjai, Polres Langkat, dan polres lain.

Bahkan, kata dia, dalam pengamanan tahun baru ini, Polda Sumut mengerahkan 7.400 personel di lapangan. "Polda, setiap saat menerima laporan perkembangan keamanan dari polres di Sumatera Utara," kata dia.

Sebelumnya, Polrestabes Medan mengerahkan 3.000 personel gabungan yang terdiri atas TNI dan Polri, untuk mengamankan perayaan Hari Besar Natal dan Tahun Baru 2019.

Ia dibantu Komandan Kodim 0201/BS, Kolonel Infantri Yuda Rismansyah, saat mengecek pos pengamanan di beberapa tempat di Medan, Kamis (20/12). Secara keseluruhan, terdapat 13 pos pengamanan yang tersebar di Medan.

Pewarta: Munawar Mandailing
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2019