Pemilihan lokasi tentunya bukan tanpa alasan karena strategis sebagai pusat bisnis
Tangerang (ANTARA News) - Pemerintah Kota Tangerang Provinsi Banten berencana membangun gedung pusat oleh-oleh yang berada Kecamatan Benda di sekitar Bandara Internasional Soekarno Hatta (Soetta).

Baca juga: Bandara Soekarno-Hatta terus berbenah

"Pemilihan lokasi tentunya bukan tanpa alasan karena strategis sebagai pusat bisnis," ujar Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah di Tangerang, Selasa.

Arief mengatakan gedung pusat oleh-oleh tersebut akan menggunakan bekas Gedung SDN Rawa Bokor di Jalan Husein Sastranegara Kecamatan Benda.

Dia menambahkan pusat oleh-oleh itu harus dioptimalkan dan mengangkat segala potensi ekonomi lokal yang ada, serta sejalan dengan keberadaan bandara terbesar di Indonesia itu.

Baca juga: Angkasa Pura II tingkatkan infrastruktur Bandara Soekarno-Hatta

Namun Arief telah menginstruksikan aparat Dinas Perumahan dan Pemukiman (Perkim) setempat untuk segera merenovasi bekas Gedung SDN Rawa Bokor yang telah direlokasi ke Gang Kemandoran Benda dan segera difungsikan sebagai pusat oleh-oleh.

Selain itu, Arief menyarankan bangunan kelas yang berada di posisi depan difungsikan sebagai rumah makan khas Kota Tangerang terutama makanan khas Kecamatan Benda.

Baca juga: Pemkot Tangerang fasilitasi pendidikan gratis bagi Alif

Meski begitu, bangunan depan terdapat restoran dan bergabung dengan sejumlah pedagang kaki lima (PKL) dalam bentuk badan hukum koperasi.

Pada gedung tersebut dilengkapi tempat latihan kerja atau pelatihan secara gratis tentang wirausaha bagi penduduk setempat.

Bahkan pada bangunan dua lantai itu disediakan ruangan pelatihan bahasa Inggris serta dilengkapi sarana dan prasarana pendukung.

Pewarta: Adityawarman(TGR)
Editor: Taufik Ridwan
Copyright © ANTARA 2019