Jakarta (ANTARA News) - Aktor Bollywood kelahiran Afghanistan Kader Khan meninggal dunia pada usia 81 tahun di sebuah rumah sakit di Kanada, berdasarkan informasi dari keluarganya, seperti dilansir dari Al Jazeera, Selasa (1/1)  

Khan, yang juga seorang penulis skenario menjalani perawatan di rumah sakit di Toronto, Kanada karena menderita penyakit yang berkaitan dengan usia, termasuk penyakit pernapasan. 

Putra Khan, Sarfaraz mengatakan, ritual pemakaman terakhir untum Khan akan dilakukan di Kanada karena keluarga Khan berbasis di sana. 

Sederet tokoh di India mengucapkan rasa duka cita atas kepergian Khan, antara lain Perdana Menteri Narendra Modi dan bintang-bintang Bollywood, seperti aktor Amitabh Bachchan.

"Kader Khan hadir ke layar dengan keterampilan aktingnya yang luar biasa. Dia juga penulis skenario yang produktif dengan banyak film yang mengesankan. Saya sedih dengan kematiannya. Saya juga berbelasungkawa kepada keluarga dan pengagumnya," tulis Modi melalui akun Twitternya. 

Kader Khan lahir di Kabul. Ayah Khan berasal dari  Afghanistan dan ibu asal India. Khan melakukan debut pada tahun 1973 dan berakting di lebih dari 300 film dan beberapa filmnya menjadi hit antara lain "Coolie", "Naseeb" (Destiny) dan "Aankhen" (Eyes).

Dia juga menulis dialog untuk hampir 250 film. Aktor ini dipuji karena berbagai karakter yang dia perankan, termasuk karakter sebagai penjahat.

 

Penerjemah: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2019