counter

Metropolitan

Warga Jakarta dihimbau waspada angin kencang

Warga Jakarta dihimbau waspada angin kencang

BPBD DKI Jakarta mengeluarkan peringatan dini cuaca untuk wilayah Jakarta Timur, Rabu sore. (Infografis BPBD DKI Jakarta)

Jakarta (ANTARA News) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta menghimbau warga di puluhan wilayah di Jakarta agar waspada seraya mengantisipasi dampak yang mungkin terjadi akibat potensi hujan disertai kilat/petir dan angin kencang hingga pukul 18.00 WIB, Rabu. 

Dalam siarannya di Jakarta, puluhan daerah yang diminta untuk waspada terhadap kondisi cuaca tersebut mencakup Kemang, Cilandak, Ciputat, Ciputat Timur, dan Ciledug di Jakarta Selatan, ditambah Jatinegara, Duren Sawit, Pulo Gadung, serta Cakung, di Jakarta Timur. 

Daerah lain yang dihimbau untuk waspada, antara lain Kalideres, Penjaringan, Cengkareng, Benda, Batuceper, Kelapa Gading, Cempaka Putih, Matraman, Tanjung Priok, Cilincing, Koja, Kembangan, Kebon Jeruk, Grogol Petamburan, Pademangan, Tambora, Kemayoran, Johar Baru, Taman Sari, dan Sawah Besar. 

Di samping itu, BPBD DKI Jakarta juga menyebut beberapa daerah di luar ibukota untuk waspada menghadapi potensi hujan deras disertai kilat dan angin kencang. Daerah itu mencakup Tangerang, Cipondoh, Cisoka, Solear, Tigaraksa, Balaraja, Jayanti, Bogor Barat, Ciomas, Dramaga, Rancabungur, Ciampea, Tenjolaya, Tamansari, Cibungbulang, Pamijahan, Leuwisadeng, Rumpin, Cigudeg, Leuwiliang, Karang Tengah, dan Serpong. 

"(Dari prakiraan itu) untuk para camat dan lurah daerah rawan banjir atau longsor agar antisipasi dengan siagakan petugas PPSU (Penanganan Prasarana dan Sarana Umum) dan segera tindak lanjuti genangan," sebut BPBD DKI Jakarta. 

Berdasarkan prakiraan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), kondisi cuaca di Jakara Timur pada Rabu malam cerah berawan. 

Kondisi cuaca sama, menurut BMKG, juga diprediksi terjadi di Jakarta Selatan dan Jakarta Pusat. Sementara untuk wilayah Jakarta Barat dan Jakarta Utara, kondisi cuacanya diprediksi berawan. 

Hujan ringan baru akan turun Kamis dini hari di Jakarta Barat dan Jakarta Selatan.

Pewarta: Genta Mawangi
Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar